by

Agama dan Pelayanan

Wei De Dong Tian. Di dalam agama Khonghucu, kita mengenal Watak Sejati. Karunia Tian Tuhan Yang Maha Esa ini ada di setiap manusia. Dia bersifat suci, bersih, serta alami.

Ketika manusia terlahir ke dunia, benih-benih itu sudah ada. Benih yang akan tumbuh dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Berkembangnya Watak Sejati manusia ini akan terlihat dari lima sifat luhur, yakni: Cinta Kasih, Kebenaran, Susila, Bijaksana, dan Dapat Dipercaya.

Pembahasan kali ini adalah bagaimana Watak Sejati bisa tumbuh menjadi Kebajikan yang berkembang?

Kebajikan diawali dari diri sendiri, berlanjut untuk orang-orang yang dekat, terus dilanjutkan kepada yang jauh. Artinya, kepada dan untuk semua orang.

Bahasan selanjutnya adalah pelayanan. Arti kata pelayanan di sini saya kaitkan dengan pekerja Kebajikan. Pekerja ini bisa siapa saja, yaitu umat yang sungguh-sungguh mengenal Watak Sejati. Mereka menumbuhkembangkannya dan bisa turun ke lapangan dalam pembinaan  Kebajikan kepada umat tanpa lelah.

Baca Juga: Kesetiaan

Saat ini, saya melihat pelayan umat khonghucu masih jauh dan belum menjangkau umat-umat yang butuh uluran kita. Masih banyak umat yang tidak lagi aktif di ibadah. Kita perlu mendatangi, berkunjung, dan memberi motivasi. Saat ini, masih kurang umat-umat yang berpegang teguh dengan iman Khonghucu. Masih terlihat juga anak-anak mereka yang pindah ke lain iman.

Banyak yang merasakan kekurangan perhatian dari pekerja Kebajikan di saat mereka sakit, dirundung masalah, dan lain sebagainya. Terlihat kita sebagai pelayanan Kebajikan masih terkesan cuek dan kurang peduli. Maka dari itu, tugas kita yaitu bagaimana mencari cara dan solusi ke depan agar pelayanan ini berjalan sesuai dengan Kebajikan yang berkembang.

Pada kesempatan ini, saya ingatkan sabda nabi, pada Sabda Suci jilid VIII, Pasal 7. Cingcu berkata, “Seorang siswa tidak boleh tidak berhati luas dan berkemauan keras, karena beratlah bebannya dan jauhlah perjalanannya.”

Marilah kita sebagai umat yg beriman, umat yang bersikap Zinzu, teruslah berjalan dalam Kebajikan yang berkembang, bahagiakan diri kita dan orang lain.

Tian Tuhan Yang Maha Esa Merahmati Kebajikan….Shanzai.

JS. Yanti Susanti (Makin Cibinong Gunung Sindur)

Sumber: https://kemenag.go.id/read/agama-dan-pelayanan-jp2ee

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed