by

Belajar Berdamai dengan Ketidaksempurnaan

Kabar Damai I Rabu, 28 Juli 2021

Jakarta I kabardamai.id I Saat ini kita di hadapkan dengan standar kecantikan yang datangnya entah dari mana. Badan ramping, rambut panjang, perut rata, kulit putih, wajah tirus, hidung mancung, dan kesempurnaan lainya. Tentu saja ini menjadi beban tersendiri bagi beberapa wanita.

Itu lah yang menjadi awal kisah dari buku ini. Meira Anastasia, sebagai penulis sekaligus istri dari seorang publik figur, Ernest Prakarsa yang mengalami kegelisahan sebab komentar pedas dari netizen pada foto yang diunggah di akun media sosial suaminya. “Ternyata orang cakep belum tentu istrinya cantik!”. Sebuah kalimat sederhana untuk bisa diingat seumur hidup.

Satu moment yang membuat ia berada di titik kehancuran. Tidak ingin menerima dirinya sendiri. Ia yang sangat jauh dari ekspetasi orang lain. bentuk badan yang tak lagi ideal menjadi pemicunya semenjak kelahiran anak keduanya. Sebagian orang akan menganggap bahwa ia terlalu berlebihan, atau berkata “sudahlah tak usah dipirkan”. Namun tak bisa pungkiri, ia seorang perasa.

Karena tekanan yang ia rasakan akhirnya ia berusaha untuk mencapai tubuh idealnya dengan konsisten berolahraga. Ia pun mengerti bahwa pada hakikatnya, hidup ini tidak ada yang sempurna, kita hanya perlu berdamai dan belajar menerima semua itu.

“Ternyata, mengakui dan menerima ketidaksempurnaan malah bisa menjadi obat yang ampuh, daripada berusaha menyembunyikannya”- halaman 128

Baca Juga: Pemimpin Yang Tuhan: Manusia dengan Otoritas Tertinggi

Olahraga menjadi titik cerah dalam hidupnya, pelarian dari segala keresahan, pengisi kekosongan waktu senggangnya. Selain berolahraga, ia pun berusaha menjaga pola makannya agar tetap sehat dan teratur. Di akhir buku pun ia mencantumkan tips dan trik berolahraga dan pola makan tersebut.

Buku ini ditulis Meira dengan bahasa ringan dan santai juga sesekali diselipkan cuitan kekinian. Ia seperti bercerita layaknya seorang teman. Sampul buku dan  beberapa halaman di dalamnya yang disisipi karikatur lucu membuat buku ini terlihat menarik. Tak lupa penulisan yang apik dan asyik menjadi daya tarik lain dari buku ini.

Buku ini berhasil difilmkan dengan berkolaborasi bersama sang suami, Ernest Prakarsa sebagai sutradara dengan Jessica Mila sebagai tokoh utamanya. Cerita film dan novelnya sangat berbeda karena pemeran dan plot cerita tidak dibuat sama percis.

Sayangnya buku yang sangat related dengan kegelisahan kaum hawa ini ditulis dengan begitu singkat. Tebal buku yang berjumlah 172 halaman sudah beserta gambar-gambar tips dan trik berolahraga yang menghabiskan banyak halaman. Terlepas dari hal itu, buku ini tetap recommended untuk setiap kalangan. Apalagi yang sedang berjuang menerima dan mencintai diri sendiri.

Judul Buku  : Imperfect
Penulis  : Meira Anastasia
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Halaman : 172 halaman
Tahun Terbit: 2018
ISBN  : 9786020382180

Penulis: Ai Siti Rahayu

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed