Menyingkap Ajaran Buddha Melalui Film, Sejarah dan Warisan Candi Muarajambi

Kabar Film68 Views

Judul: Unearthing Muaro Jambi

Durasi: 94 Menit

Jenis: Dokumenter

Sutradara: Nia Dinata

 

Film “Unearthing Muaro Jambi Temples” adalah sebuah dokumenter yang menggambarkan upaya kolaboratif antara tim Kalyana Shira Foundation dan masyarakat desa sekitar kompleks Candi Muarajambi. Film ini terinspirasi oleh buku “Mimpi-Mimpi dari Pulau Emas” yang ditulis oleh Elizabeth Inandiak bersama masyarakat Desa Muaro Jambi.

Salah satu hal menarik dari film ini adalah pendekatan kolaboratifnya. Tim produksi film tidak hanya berusaha untuk merekam cerita masyarakat Muaro Jambi, tetapi mereka juga berkolaborasi dengan anak muda dari beberapa komunitas desa. Hal ini membantu menghindari mengobjektivikasi masyarakat Muaro Jambi, sehingga film ini bisa dilihat sebagai hasil karya bersama antara tim produksi dan masyarakat setempat.

Film ini mengungkapkan sejarah dan kekayaan budaya yang terkandung dalam situs Candi Muarajambi. Sebagai warisan Buddha yang penting, situs ini memiliki nilai universal yang dapat dinikmati oleh berbagai latar belakang penonton. Film ini menawarkan wawasan tentang ajaran Buddha yang diteruskan melalui situs Muarajambi dan berfungsi sebagai sumber pengetahuan dan refleksi bagi semua penonton.

Selain versi feature-length, film ini juga disajikan dalam bentuk serial dengan 8 episode, masing-masing menggali cerita dan makna terkait dengan Candi Muarajambi. Dengan demikian, film ini memberikan wawasan mendalam tentang warisan sejarah dan budaya Indonesia, dan dengan harapan, dapat memotivasi masyarakat setempat untuk memainkan peran penting dalam pelestariannya.

Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan di Kemendikbud juga mengharapkan agar warga desa Muaro Jambi terus menjadi pelaku utama dalam pelestarian Candi Muarajambi, menjadikannya bagian dari kehidupan sehari-hari mereka, serta memastikan bahwa warisan sejarah dan lingkungan alam tetap lestari untuk generasi mendatang.

 

Penulis: Nurul Sayyidah Hapidoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *