PKPLA Menggagas Pemimpin Muda Pancasilais di Kota Makassar

Kabar Utama216 Views

Makassar | Kabardamai.id | Adrie Massie, Wakil Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Selatan menjadi narasumber pertama pada kegiatan PKPLA Kota Makassar, Rabu (11/10). Ia adalah tokoh agama yang dikenal luas karena pemahamannya tentang pancasila dan peran pemuda dalam mewujudkannya. 

Peserta mendapatkan materi yang mendalam tentang Pemimpin dan Kepemimpinan Berjiwa Pancasila. Dalam pemaparannya, Adrie Massie memulai dengan menjelaskan esensi pancasila. Ia menggambarkan pancasila sebagai landasan moral yang sangat relevan dalam memandu pemuda untuk mewujudkan kehidupan yang inklusif. 

Baca juga: PKPLA Makassar Resmi Dibuka, Pemuda Penguat Harmoni Umat Beragama (kabardamai.id)

Menurut Adrie, saat ini yang harus digaungkan adalah dialog lintas manusia, bukan lagi dialog lintas iman. Hal yang perlu dilakukan adalah dialog lintas manusia yang inklusif dan relevan, dialog tidak seharusnya dibatasi oleh aspek agama. “Kita semua mempunyai tanggung jawab sebagai manusia untuk memperbaiki dunia ini,” ucap Adrie. 

Lebih lanjut, Ia memaparkan agama yang menjadi inspirasi bagi manusia sering kali menjadi pemicu konflik ketika tidak dikelola dengan bijaksana. Catatan sejarah mengungkap berbagai konflik keagamaan. Adrie berharap hal tersebut dapat mendorong inklusivisme, pluralisme dan prinsip-prinsip pancasila. 

Adrie berpesan kepada para pemuda agar memiliki empat “tas”, yakni integritas, kredibilitas, akuntabilitas, dan spiritualitas. Empat hal penting ini menurutnya penting untuk dimiliki pemuda agar menjadi berkat bagi publik, bangsa dan negara. Hal yang disampaikan oleh Adrie Massie berhasil memantik berbagai pertanyaan dari peserta dan menciptakan ruang yang aman untuk diskusi.

 

Penulis: Nurul Sayyidah Hapidoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *