by

Seruan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) terkait Lonjakan Kasus Covid-19

Kabar Damai I Jumat, 18 Juni 2021

Jakarta I kabardamai.id I Salam Kebangsaan Indonesia, Salam Kebajikan, Wei De Dong Tian Mengingat :

1. Peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan di beberapa daerah sejak akhir Mei 2021 sampai sekarang, dan ditemukannya virus varian baru yang penularannya lebih cepat,
2. Banyak Umat Khonghucu termasuk dari pimpinan MAKIN yang terpapar Covid-19 bahkan ada yang berpulang ke Haribaan Tian,
3. Peringatan Menteri Kesehatan RI beberapa hari lalu tentang kemungkinan melonjaknya pandemi Covid-19 di bulan Juni-Juli 2021,
4. Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 13 tahun 2021 tentang ”Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadat”.

Baca Juga: Menolak Relokasi: Merawat Kepatuhan pada Hukum, Konstitusi dan Bhinneka Tunggal Ika

Berdasarkan pertimbangan nomor 1-4 tersebut di atas, Dewan Rohaniwan/Pengurus Pusat MATAKIN, mengajak/mengimbau/menyerukan kepada segenap Pimpinan MATAKIN Provinsi/Kota/Kabupaten, Pimpinan MAKIN/WUK, Rohaniwan dan Umat Khonghucu untuk :

1. Meniadakan sementara kegiatan peribadatan di rumah ibadat Khonghucu yang berada di daerah zona merah dan oranye sampai situasi dan kondisi yang lebih aman. Kegiatan sebaiknya dilakukan secara virtual dari rumah masing-masing.
2. Bagi rumah ibadat yang berada di daerah aman dari Covid-19, boleh melaksanakan kegiatan peribadatan dengan 3 (tiga) pimpinan sembahyang dan umat lingkungan sekitar dengan jumlah maksimal 25 persen dari kapasitas tempat dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun bila memungkinkan, kami imbau sebaiknya dilaksanakan secara virtual dan dari rumah masing-masing.
3. Kegiatan Keagamaan Khonghucu lainnya seperti Liyuan Pernikahan dan sejenisnya di Rumah Ibadat Khonghucu yang berada di zona merah dan oranye, sebaiknya dihentikan sementara sampai kondisi yang lebih kondusif. Namun jika sudah terjadwal jauh-jauh hari, harap dilaksanakan dengan jumlah peserta/undangan yang terbatas lingkup keluarga inti.
4. Membatasi aktivitas dan kegiatan yang tidak mendesak dan atau tidak penting.
5. Tetap waspada, namun jangan panik, senantiasa disiplin menjalankan protokol kesehatan dan melakukan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh meningkat.
Semoga kita senantiasa sehat dan bahagia dalam lindungan Tian, Tuhan Yang Maha Esa dan semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir.
Huang Yi Shang Di. Wei Tian You De. Shanzai
Jakarta, 17 Juni 2021
Dewan Rohaniwan/Pengurus Pusat

Jakarta, 17 Juni 2021
Dewan Rohaniwan/Pengurus Pusat
Xs. Budi S. Tanuwibowo Peter Lesmana
Ketua Umum Sekretaris bid. Keorganisasian

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed