Konferensi Analisis Papua Strategis II Dorong Percepatan Pembangunan Papua

Jayapura | Kabardamai.id | Pembukaan Konferensi Analisis Papua Strategis II resmi berlangsung dibuka di Horison Hotel Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Konferensi yang diselenggarakan oleh Analisis Papua Strategis (APS) mengusung tema “Percepatan Pembangunan Papua Menuju Indonesia 2045” selama dua hari pada 13 – 14 Oktober 2023.

Konferensi ini menghadirkan pakar, masyarakat, mahasiswa, dan pemangku kebijakan untuk merancang strategi yang akan membawa Papua menuju visi Indonesia Emas tahun 2045. APS mewadahi berbagai pihak untuk memfokuskan perhatian pada potensi besar yang dimiliki Papua. Lebih lanjut, pembahasan terkait dengan tantangan pembangunan turut menjadi sorotan.

Ketua Umum APS, Laus Deo Calvin Rumayom mengatakan APS adalah komunitas profesional global yang menjadi kekuatan untuk Papua. Ide dan gagasan yang disampaikan dapat menggerakkan potensi sumber daya alam agar tidak hanya menduplikasi hal-hal yang terjadi di pemerintahan pusat.

Baca juga: https://kabardamai.id/pkpla-makassar-resmi-dibuka-pemuda-penguat-harmoni-umat-beragama/

“Papua berada pada poros geopolitik, sehingga pembangunan papua harus dikawal dengan baik karena berada di lingkungan strategis yang diapit oleh negara-negara besar,” ucap Laus, Jumat (13/10).

Dalam pidatonya, Ketua Pelaksana Konferensi APS II, Dorlince Mehue mengatakan APS menghadirkan berbagai pihak untuk mewujudkan Papua Emas 2041 untuk Indonesia Emas 2045. Ia berharap semua individu yang memiliki kompetensi dapat berperan untuk berkontribusi aktif dalam mewujudkan tujuan dari konferensi.

“Saya setuju kita melahirkan lewat forum disaksikan oleh Gunung Cycloop, semua usulan akan dirumuskan lebih lanjut oleh tim perumus,” tandas Dorlince, Sabtu (14/10).

Reporter: Nurul Sayyidah Hapidoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *