We Make Change Indonesia: Komunitas Pemuda untuk SDGs

Kabar Manca82 Views

Kabar Damai I Jumat, 19 Maret 2021

 

Jakarta | kabardamai.id | We Make Change Indonesia atau WMCI merupakan salah satu komunitas nasional yag dibentuk oleh We Make Change, Social Enterprise yang terdaftar dan berdomisili di Britania Raya.

We Make Change didirikan di awal tahun 2017 oleh James Sancto, seorang konsultan NGO dan Social Enterprise.

Inti utama visi gerakan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada siapa saja, di mana saja, dan kapan saja menggunakan keterampilannya untuk membuat perubahan di dunia, terutama dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

SDGs merupakan rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.

Sampai saat ini, ada 22 National Communities We Make Change yang sudah terbentuk, beberapa di antaranya yaitu Kanada, Kolumbia, Mesir, Georgia, India, Kazakhstan, Mali, Nigeria, Pakistan, Filipina, Qatar, Sierra Leone, Madagaskar, Afrika Selatan, Tanzania, Britania Raya, Amerika Serikat, Ghana, South Sudan, Belanda, Indonesia, dan Turki.

Setiap komunitas nasional memiliki fokus visi misi yang berbeda, sesuai dengan konteks negaranya masing-masing.

Adapun We Make Change Indonesia, terbentuk pada Juni 2019, memiliki fokus utama untuk mengkampanyekan empat dari 17 SDGs, yaitu:

  1. SDG 13 – Climate Action (respon dan aksi terhadap perubahan iklim)
  2. SDG 11 – Sustainable cities and communities (membangun kota dan masyarakat yang berkelanjutan)
  3. SDG 4 – Quality Education (peningkatan kualitas pendidikan)
  4. SDG 2 – Zero Hunger (penanganan kelaparan)

Baca juga: Dubes RI Bangkok Tegaskan Kembali Komitmen Kuat Indonesia dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Tengah Pandemi Covid-19

We Make Change Indonesia dipimpin oleh Sharon Shimamora. Ia terpilih menjadi leader WMCI dari peserta yang mengajukan diri untuk menjadi national community leader, yang diseleksi langsung oleh CEO We Make Change.

Sharon merasa dirinya perlu mengajukan diri jika ia ingin turut berkontribusi dalam membawa perubahan di Indonesia, khususnya melalui tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

“Ini adalah panggilan hati dan saya ingin memberikan dampak yang baik bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, perubahan akan semakin terdengar jika dilakukan secara bersama-sama. Karenanya, saya juga sadar akan perlunya teamwork dengan visi misi yang sama dan ini tentu akan memerlukan pikiran, tenaga, dan waktu. Saya juga sudah mempersiapkan diri akan konsekuensi tersebut,” jelas Sharon.

Kegiatan utama WMCI adalah aktif mengkampanyekan pentingnya SDGs secara daring melalui kanal media sosialnya, baik melalui narasi teks langsung ataupun dengan cara berkolaborasi dengan berbagai influencer maupun komunitas pemuda yang sama-sama memiliki perhatian terhadap SDGs di Indonesia.

Di pertengahan pandemi tahun lalu, WMCI juga melakukan penggalangan dana untuk adakan #warteggratis untuk membantu teman-teman terdampak Covid-19 di Jakarta.

Beberapa kegiatan lainnya, yaitu menyorot suara masyarakat terkait hak-hak mereka, melakukan pungut sampah di Kampung Akuarium bersama relawan yang terdiri dari Gen Z dan milenial.

WMCI juga adakan webinar dan acara rutin ngobrol santai di Instagram Live dan Podcast (Chit Change) tentang berbagai tema, seperti terkait perkembangan SDGs di Indonesia, kepemimpinan (leadership), pendidikan seks dan kesehatan mental, bahaya plastik, kesenjangan sosial, dialog kebangsaan, dan akan masih banyak lagi.

Selain itu, WMCI juga rutin memposting profil para pemuda, dengan berbagai keterampilannya, yang memberikan pengaruh dan dampak baik di masyarakat. Para pemuda tersebut dan semua relawan kemudian disebut sebagai National ChangeMakers.

Dengan berbagai dialog dan paparan role-model dari berbagai bidang, bahkan yang bukan dari kalangan selebgram atau jajaran orang terkenal, diharapkan dapat mendorong dan mempengaruhi masyarakat, khususnya pemuda, untuk mau ikut melek terkait pentingnya penerapan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.

Untuk melihat dan mengikuti kegiatan WMCI bisa dicek ke akun Instagramnya @wemakechangeindonesia, Twitter: @wemakechange_id, dan laman Facebook: We Make Change Indonesia.

 

Penulis: Hana Hanifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *