by

Wargabantuwarga.com, Situs Kumpulan Solidaritas Sosial di Masa Darurat Covid-19

Kabar Damai I Kamis, 08 Juli 2021

Jakarta I kabardamai.id I Kasus Covid-19 di Indonesia yang kian hari kian bertambah membuat kebutuhan fasilitas dan alat kesehatan meningkat. Bukan lagi soal alat kesehatan untuk tes swab atau PCR, tapi sudah masuk ke kebutuhan mengenai ketersediaan bed rumah sakit, tabung oksigen, obat-obatan untuk pasien, layanan konsultasi dokter, tempat untuk isolasi mandiri, hingga donor darah konvalesen.

Masyarakat saat ini butuh banyak informasi mengenai fasilitas dan alat kesehatan untuk membantu dirinya sendiri maupun orang lain pulih dan selamat dari Covid-19. Namun begitu, informasi mengenai layanan kesehatan tidak serta merta mudah didapat, pun disebarluaskan kepada yang membutuhkan.

Bagi yang butuh info dan pertolongan, mereka kesulitan untuk mencari kontak atau layanan yang dibutuhkan. Sebaliknya bagi yang punya info, mereka tidak tahu harus menyebarkan lewat media apa agar bisa dijangkau oleh banyak orang.

Maka dari itu, di situasi pandemi yang makin genting, hadirlah situs wargabantuwarga.com yang merupakan inisiatif warga Indonesia untuk saling berbagi informasi seputar fasilitas kesehatan dan alat kesehatan untuk Covid-19.

Situs ini merupakan bentuk kerja sama dari banyak pihak, contohnya ada @kitabisacom, @KawalCOVID19, @forumzakat, @fimnews, @KataDotAI, @indorelawan, @pemimpinid_, @pandemictalks, @laporcovid19, @filantropiindonesia, Narasi, Qiscus, dan urundayacovid.com.

Situs wargabantuwarga.com mengumpulkan berbagai informasi mengenai fasilitas dan alat kesehatan yang dibutuhkan untuk menangani Covid-19. Masyarakat  bisa menggunakan situs tersebut untuk mencari informasi ketersediaan tempat tidur Covid-19, daftar rumah sakit rujukan, donor konvalesen, oksigen, dan lainnya.

Baca Juga: Pandemi dan Solidaritas Sosial

Sebaliknya, masyarakat pun bisa menggunakan situs tersebut sebagai media untuk berkontribusi memberikan informasi seputar fasilitas dan layanan kesehatan untuk Covid-19. Masyarakat pun dapat bergabung sebagai relawan untuk mengumpulkan, memverifikasi, atau menjadi tim hotline yang menjawab pertanyaan warga via WhatsApp.

Situs wargabantuwarga.com benar-benar mengandalkan tenaga dari warga Indonesia untuk saling membantu dan memberikan informasi tentang hal apapun yang menyangkut Covid-19 selama masa pandemi ini. Tidak hanya soal fasilitas dan layanan kesehatan untuk Covid-19, situs yang baru dirilis Selasa (6/7/2021) malam itu mengumpulkan donasi dan penggalangan dana untuk beberapa kategori masyarakat.

Misalnya saja donasi untuk berbagai kebutuhan rumah sakit, tenaga kesehatan, puskesmas, dan warga terdampak. Lalu ada juga donasi untuk relawan dan penggali kubur, warga yang isolasi mandiri, satwa, serta obat gratis untuk masyarakat yang kurang mampu.

Situs itu pun memberikan informasi link konsultasi medis dengan dokter atau telemedicine yang bisa warga gunakan untuk konsultasi online dengan para dokter.

Tak lupa, situs wargabantuwarga.com, mengumpulkan informasi mengenai vaksinasi Covid-19 di tiap daerah, tidak hanya di Jakarta atau Pulau Jawa, tapi juga kota dan pulau-pulau lain seluruh Indonesia. Tentu saja, informasi vaksinasi ini dikumpulkan dari masyarakat umum dan relawan yang punya informasi mengenai lokasi dan layanan vaksin di berbagai daerah di Indonesia.

Terakhir, website wargabantuwarga.com, selalu diperbarui atau di-update setiap kali ada informasi terbaru mengenai layanan dan alat kesehatan untuk Covid-19. Masyarakat bisa cek website wargabantuwarga.com, untuk cari info dan pertolongan mengenai isolasi mandiri, donor konvalesen, ketersediaan rumah sakit rujukan, oksigen, vaksinasi, hingga donasi.

Situs ini terintegrasi dengan berbagai layanan, serta nomor kontak penting untuk dihubungi selama pandemi Covid-19. Tidak perlu khawatir dengan info kontak yang dicantumkan karena semuanya adalah dari pihak resmi dan sudah kredibel.

Untuk donasi, kebanyakan akan di-handle oleh Kitabisa, Forum Zakat, Dompet Dhuafa, dan masih banyak lagi. Sedangkan info mengenai ketersediaan rumah sakit, sudah terintegrasi langsung dengan website Siranap milik Kemenkes.

Begitu pun dengan donor konvalesen yang langsung terhubung dengan nomor contact center BNPB. Jadi cukup dengan buka satu website, kamu sudah terhubung dengan berbagai kontak dan info mengenai hal-hal yang berhubungan dengan Covid-19.

Yuk, saling bantu dan jaga satu sama lain. Kamu bisa berkontribusi sebagai relawan maupun berbagi info terbaru perihal layanan untuk pasien Covid-19.

Penulis: Ai Siti Rahayu

Diolah dari berbagai sumber

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed