by

Wali Kota Pontianak Izinkan Masyarakat Sholat Idul Fitri di Lapangan dan Masjid

Kabar Damai, 07 Mei 2021

Pontianak I Kabardamai.id I Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memberikan izin kepada masyarakat untuk melaksanakan sholah Ied di lapangan dan juga masjid. Izin ini diberikan dengan catatan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan seperti yang telah diinstruksikan oleh pemerintah. Pemberian izin ini bukan tanpa alasan. Selain masjid, lapangan lebih direkomendasikan oleh wali kota Pontianak ini agar masyarakat tidak menumpuk pada satu masjid saja.

“Kami tetap mengizinkan pelaksanaan sholat ied, juga sebagai upaya memecah konsentrasi umat muslim agar tidak bertumpuk pada satu masjid saja, sehingga nantinya pelaksanaan prokes dapat diterapkan secara baik,” ungkapnya Selasa, (4/5/2021) seperti dilansir dari Gencil.news

Edi juga meminta kepada masyarakat yang kurang merasa sehat serta para lansia agar melaksanakan ibadah di rumah saja.

Meniadakan Takbir Keliling dan Festival Meriam Karbit

Panitia Hari Besar Islam Kota Pontianak tengah berencana untuk menggelar sholat ied di depan Taman Alun Kapuas, Jalan Rahadi Usman atau tepat didepan Kantor Wali Kota Pontianak.

Baca Juga: Wali Kota Pontianak Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepekaan Sosial Saat Pandemi

Selain itu, pihak PHBI dan juga pemerintah kota menghimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan takbir keliling. Hal ini tidak lain dan tidak bukan juga guna meminimalisir risiko penularan Covid-19 dikarenakan sangat berpotensi menghadirkan banyak orang dan menyebabkan kerumunan.

“Kami imbau umat muslim cukup melakukan takbir di masjid dengan menerapkan prokes atau melaksanakannya di rumah saja,” ujar Edi.

Selain itu, festival tahunan meriam karbit juga ditiadakan. Walaupun demikian, masyarakat tetap diizinkan memainkannya karena meriam karbit ialah tradisi di Pontianak yang erat kaitannya dengan puasa dan idul fitri.

“Untuk permainan meriam karbit perorangan dibolehkan asalkan dengan menerapkan prokes,” pungkasnya.

Penulis: Rio Pratama

Sumber : Gencil.news I Antara Kalbar

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed