by

Uskup Manado Mgr Benedictus Tahbiskan Delapan Pastor Baru

Kabar Damai | Minggu, 18 April 2021

Manado | kabardamai.id | Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC menahbiskan delapan pastor atau imam baru yang akan bertugas di Keuskupan Manado maupun daerah lainnya di Indonesia.

“Kamu ditahbiskan menjadi Imam untuk mengabdi Kristus, mengajar, Imam Agung dan gembala. Oleh pengabdian itu, Tubuh Kristus yakni gereja akan tumbuh dan berkembang menjadi Umat Allah dan Kenisah yang kudus,  mereka akan menjadi kenangan  hidup dari Kristus Imam Agung Abadi dan digabungkan dalam martabat para Uskup,”kata Uskup Manado Rolly, dalam Perayaan Ekaristi Tahbisan Imam Keuskupan Manado, berlangsung di Gereja Hati Tersuci Maria Katedral Manado, Sabtu, 17 April 2021.

Diwartakan ANTARA Sulut, Ditahbiskan menjadi imam yang sah dalam perjanjian baru, kata Uskup Rolly  untuk mewartakan injil dan untuk menggembalakan umat Allah serta merayakan ibadah-ibadah ilahi terutama korban misa perayaan Ekaristi.

“Para imam  akan menjalankan tugas suci yaitu  mengajar dalam Kritus, karena itu wartakanlah Sabda Allah yang kamu terima dengan suka hati, seraya merenungkan hukum-hukum Tuhan, jagalah agar kamu tetap percaya akan Sabda Tuhan, dan menjadi teladan di pengajaranmu maka hendaklah pengajaranmu menjadi pegangan bagi Umat Allah dan cara hidupmu menjadi kesukaan bagi Kaum Kristiani agar dengan perkataan dan teladanmu kamu membangun rumah yaitu Gereja Allah,” tutur Uskup Mgr Benedictus, seperti dikutip manado.antaranews.com (17/4).

 

Baca Juga : Bertemu Uskup Agung Makassar, Menag: Umat Katolik tidak Sendiri

 

“Demikian pula kamu akan menjalankan tugas menguduskan didalam Kristus karena oleh pelayananmu kurban rohani dari umat akan dipersatukan dengan kurban Kristus, dalam perayaan Ekaristi. Oleh karena itu, perhatikanlah apa yang yang kamu lakukan, dan teladanilah apa yang kamu jalankan,” pungkasnya.

 

Delapan Imam Baru

Ke delapan imam baru yang ditahbiskan yakni

  1. Stevanus Micky Kojongian, Pr ditugaskan di Paroki St Paulus, Palu, Sulawesi Tengah.
  2. Cheryl Angelo Ferdy Tanod, Pr ditugaskan di Paroki St Petrus Nulion, Banggai Kepulauan.
  3. Nicholaus Jamrewav, MSC ditugaskan komunitas daerah MSC Jawa Tengah-Kalsel, persiapan studi manajemen keuangan di Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto.
  4. Jackry Marsiano Tamboto, MSC ditugaskan ke komunitas daerah MSC Sulawesi-Kaltim, pastor rekan Paroki St Joseph Dumaring, Keuskupan Tanjung Selor
  5. Aloysius Sever Lefubun, MSC ditugaskan komunitas daerah MSC Maluku pembina dan pengajar seminari menengah St Yudas Tadeus Langgur Keuskupan Amboina.
  6. Yovianus Tarukan, MSC ditugaskan komunitas daerah MSC, Sulawesi-Kaltim, pastor rekan di Paroki Louayasega Keuskupan Tanjung Selor, Kalimantan Utara
  7. Advento Masinda, MSC ditugaskan ke komunitas daerah MSC Jateng-Kalsel, pastor rekan di paroki St Joseph Majaselu Keuskupan Purwokerto
  8. Petrus Katan Piran, MSC ditugaskan komunitas MSC daerah Papua, Keuskupan Agung Merauke.

Laman Wikipedia menulis, Keuskupan Manado adalah keuskupan sufragan pada Provinsi Gerejani Keuskupan Agung Makassar. Wilayah geografisnya mencakup seluruh wilayah administrasi provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah.

Dalam perkembangan sejak pertama kali masuknya misionaris dari Keuskupan Amboina pada tahun 1534, populasi umat Katolik di Keuskupan Manado tidak pernah melebihi 5% dari keseluruhan penduduk di wilayah Sulawesi Utara dan 1% di wilayah Gorontalo dan 2% Sulawesi Tengah.

Di Keuskupan ini, terdapat Seminari Tinggi Hati Kudus Tuhan Yesus Pineleng, Pineleng Dua, Pineleng, Minahasa, yang berdiri sejak dasawarsa 1930-an. Seminari ini menampung pendidikan calon imam Keuskupan Manado, Keuskupan Amboina, dan para calon imam dari Kongregasi Misionaris Hati Kudus. [ ]

 

Penulis: Ahmad Nurcholish

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed