by

Turut Berduka: Flobamora Kota Pontianak Buka Donasi Untuk Musibah di NTT

Kabar Damai I Selasa, 13 April 2021

 

Pontianak I Kabardamai I Musibah bertubi-tubi menghampiri wilayah Indonesia, seperti halnya yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu, (4/4/2021) lalu berupa banjir bandang, angin kencang, gelombang tinggi dan tanah longsor yang disebabkan oleh bibit siklon tropis seroja.

Tidak hanya menyebabkan kerusakan dan hilangnya harta benda, musibah ini turut menyebabkan luka-luka dan jatuhnya korban jiwa.

 

Kunjungan dan Janji Presiden

Duka yang terjadi di NTT turut mengoyak nurani presiden Jokowidodo, ia bersama dengan rombongan yang terbatas berkunjung ke Pulau Adonara pada Jumat, (9/4/2021), salah satu wilayah paling parah yang terdampak dari musibah dan membawa paket bantuan dengan menggunakan tiga truk besar.

Pemberitaan sejumlah media, Presiden Jokowidodo mengatakan akan merelokasi warga yang terdampak bencana yang saat ini tengah disiapkan oleh pemerintah daerah. Dalam hal ini, pemerintah pusat juga akan membangun rumah-rumah baru bagi warga setempat.

Baca Juga : Tangkal Radikalisme dan Ekstrimisme, BPIP Gandeng Penyandang Disabilitas

“Lokasi yang ada sekarang ini akan kita relokasi yang nanti segera ditetapkan oleh Bupati dan Gubernur. Tapi yang jelas Kementrian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) siap untuk membangun rumahnya secepat-cepatnya,” ucapnya.

Diketahui sebelumnya, karena dahsyatnya bencana yang terjadi hingga membuat presiden Jokowidodo sampai menangis haru saat berkunjung ke lokasi bencana ini. Dalam beberapa unggahan, tampak Presiden membuka masker sembari mengusap air mata terlebih dahulu.

 

Dukungan Flobamora dari Pontianak

Sekretaris Flobamora, paguyuban NTT di Kota Pontianak, Rafael Ray menyatakan bahwa musibah yang terjadi di NTT menjadi duka seluruh masyarakat NTT yang ada di Pontianak pula.

“Tentu ketika mendengar kabar itu kami kaget dan bersedih. Karena biar bagaimanapun walaupun tidak mengalaminya langsung kita semua paham bagaimana rasanya menjadi saudara kita yang ada disana,” ungkapnya.

Sehubungan dengan janji presiden dalam merelokasi korban terdampak, ia turut mengapresasi dan mendukung rencana tersebut.

“Kita bersama yakin, kalau sudah bapak presiden orang nomor satu sudah berbicara apalagi dengan begitu emosionalnya, kita yakin bahwa ia akan merealisasikannya,” tambahnya.

Lebih jauh, Rafael biasa ia disapa juga menyatakan guna membantu saudara yang tengah terkena musibah. Flobamora turut menggalang donasi yang diinisiasi oleh generasi muda NTT.

“Saat ini, secara individu sudah memulai. Nanti selanjutnya sekitar tanggal 14 April 2021 akan diadakan penggalangan donasi yang lebih besar secara keorganisasian. Adapun ini diinisasi oleh adik-adik muda pelajar dan mahasiswa NTT yang ada di sini,” pungkasnya.

 

Penulis: Rio Pratama

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed