by

Tips Terhindar dari Kekerasan Cyber

Oleh: Reyhan Davin Ardhionova

Sebagai makhluk sosial yang memiliki ketergantungan terhadap orang lain, Manusia membutuhkan interaksi dengan lingkungan. Salah satunya melalui komunikasi. Seiring majunya teknologi, komunikasi antar-manusia terus berkembang, dulu manusia berkomunikasi secara lisan, sekarang manusia sudah mulai dengan sesuatu yang modern seperti telegraf, telepon, faksimili, email, sms, telekonferensi, dan sebagainya.

Semakin kesini, proses komunikasi menjadi lebih praktis. Pada saat ini kita telah memasuki zaman Revolusi Industri yang dapat di lihat dari kecanggihan teknologinya. Sistem teknologi yang telah membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, menyebarkan suatu informasi. Dari zaman pra sejarah sampai zaman modern ini perkembangan manusia tidak terlepas dari sistem  teknologi informasi dan komunikasi.

Peralatan elektronika yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak serta segala kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, manipulasi, pengolahan, dan transfer atau pemindahan informasi antar media disebut dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengacu pada semua teknologi yang digunakan untuk menghandle telekomunikasi, media penyiaran, sistem manajemen cerdas, sistem pemrosesan dan transmisi audiovisual, dan fungsi kontrol dan pemantauan berbasis jaringan.(TIK) sendiri mengacu pada 2 aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Teknologi Informasi merupakan serangkaian tahapan penanganan informasi, yang meliputi penciptaan sumber-sumber informasi, pemeliharaan saluran informasi, seleksi dan transmisi informasi, penerimaan informasi secara selektif, penyimpanan & penelusuran informasi, dan penggunaan informasi, teknologi informasi ini terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, proses dan sistem yang digunakan untuk membantu proses komunikasi contoh nya adalah komputer, sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Contohnya ialah telepon dan televisi.

Sejarah Teknologi, Informasi dan Komunikasi

  1. Masa Prasejarah – 3000 SM

Pada masa ini manusia berkomunikasi dan memberikan informasi melalui gambar padadinding-dinding gua tentang berburu. Saat itu manusia mulai mengenal berbagai benda disekitarnya lalu melukis dengan benda tersebut pada dinding gua. Pada saat itu kemampuan  masih terbatas  dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan. Lalu perkembangan selanjutnya tercipta alat yang menghasilkan bunyi seperti gendang dan isyarat seperti asap sebagai tanda pemberi peringatan terhadap bahaya.

  1. Masa Sejarah (3000 SM – 2900 SM)

Pada masa ini manusia yang dulunya berkomunikasi melalui gambar sekarang mulai berkembang lagi dengan menggunakan simbol seperti pada masa kehidupan Bangsa Sumeria yang memakai huruf piktograf di era 3000 SM. Lalu berkembang lagi pada periode 2900 SM muncul huruf hieroglif oleh bangsa Mesir kuno. Huruf Hieroglif lebih maju dibandingkan tulisan bangsa Sumeria.

  1. Periode 500 SM -105 SM

Ditahun 1570-1045 SM, sistem menulis mulai ikut berkembang pada masa dinasti Shang di Cina.Masuk ke masa tahun 500 SM,Bangsa Mesir kuno sudah menggunakan serat papyrus sebagai kertas pada tahun 50 SM sebagai alat komunikasi yang di mana pohonnya banyak terdapat di sepanjang sungai nil, Serat papyrus ditulisi beragam informasi.Lalu Tsai Lun dari bangsa Cina menemukan kertas dari serat bambu dan memungkinkan sistem pencetakan memakai blok kayu yang ditoreh dan dilumuri tinta atau sekarang lebih dikenal dengan sistem cap.

  1. Masa modern

Pada masa modern teknologi komunikasi dan informasi sudah berkembang sangat pesat yang membantu kehidupan manusia, Pada masa ini alat komunikasi banyak mengalami kemajuan baik dari segi bentuk dan fungsinya. Di masa modern ini telah ditemukan koran, telegraf, telepon, mesin ketik, radio, televisi hingga internet yang memudahkan manusia untuk berkomunikasi serta menyampaikan informasi lebih cepat dan efisien.

  1. Perkembangan di Indonesia

Banyak sekali berbagai sejarah teknologi yang kita ketahui hingga sekarang salah satunya adalah dengan penemuan radio, ditemukannya kamera, gambar bergerak, dan televisi. perkembangan yang pesat dalam dunia teknologi informasi dimulai pada tahun 1920-an khususnya di Indonesia, yang diikuti dengan berbagai macam perkembangan teknologi lain seperti internet.teknologi informasi dan komunikasi sendiri mempengaruhi perkembangan teknologi di Indonesia salah satunya ketersediaan infrastruktur.

  1. Teknologi informasi pertama di Indonesia adalah radio

Teknologi radio masuk di Indonesia yaitu saat Indonesia masih menjadi Hindia Belanda (Nederlands  Hindie). Nama radionya adalah Bataviase Radio Vereniging dengan lokasi di Batavia (Jakarta) selain itu juga ada nama radio lain seperti Nederland Indische Radio Omroep (NIROM), dan Solosche Radio Vereeniging (SRV).

Peresmian radio pertama Indonesia itu terjadi pada 16 Juni 1925. Pada saat Itu terjadi lima tahun setelah stasiun radio pertama di Amerika dan tiga tahun setelah di Inggris dan Uni Soviet.lalu Pada 11 September 1945, pemerintah Indonesia berhasil mendirikan stasiun radio nasional Indonesia yang dinamakan Radio Republik Indonesia (RRI).RRI memiliki peran penting dalam revolusi kemerdekaan Indonesia. Seperti kekalahan Jepang di Perang Dunia II dan kondisinya,lalu Pada saat Agresi Militer Belanda II, pemancar RRI di Wonosari Yogyakarta menjadi alat penghubung utama antara tokoh nasionalis di Yogyakarta dan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang berada di Bukittinggi.Setelah beberapa dekade, posisi radio perlahan-lahan sudah mulai digantikan televisi.

  1. b) Teknologi informasi kedua di Indonesia adalah televisi

Salah satu televisi nasional Indonesia yaitu Televisi Republik Indonesia (TVRI) yang diresmikan pada 24 Agustus 1962. Televisi ini adalah satu satunya stasiun televisi pemerintah. Stasiun televisi ini berkembang dari yang stasiun lokal ataupun nasional swasta.Siaran pertamanya pada 17 Agustus 1962  siaran tersebut tentang peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia dari halaman Istana Merdeka, Jakarta. Memang yang menonton hanya segelintir orang pada saat itu karena pada saat itu televisi masih mahal, namun momen inilah yang menandai hadirnya televisi di tengah-tengah masyarakat.

c).  Munculnya satelit pertama Indonesia

Mulai dari 1963 hingga 1976, RRI menyebarkan stasiun televisi di berbagai kota.Mulai dari Yogyakarta, Medan, Makassar dan kota lainnya.Namun pada tahun-tahun tersebut pula Indonesia juga berhasil meluncurkan sebuah Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD). Satelit tersebut bernama satelit PALAPA A1 dari Kennedy Space Center, Amerika Serikat.satelit ini merupakan satelit pertama yang berhasil di luncurkan oleh Indonesia.

Setelah peluncuran satelit tersebut, berbagai satelit yang lain juga diluncurkan seperti PALAPA A-2 (1977), PALAPA B-1 (1983), PALAPA B-2 (1984), PALAPA B-2P (1987), PALAPA B-2R (1990), PALAPA B-4 (1992), PALAPA C-1 (1996), PALAPA C-2 (1996), Indostar/Cakrawarta I (1997), Satelit TELKOM 1 (1999), GARUDA 1 (2000), TELKOM 2 (2005), INASAT-1 (2006), LAPAN-TUBSAT (2007), Indostar/Cakrawarta II (2009), dan PALAPA D (2009).

d).  Munculnya komputer dan internet sebagai alat memberikan informasi dan komunikasi

Berdasarkan catatan Fakultas Ilmu Komputer UI, teknologi komputer mulai diperkenalkan di Indonesia dalam kurun waktu 1970-an. Salah satu perguruan tinggi pertama yang menjadi tempat pengenalan komputer di Indonesia yaitu Universitas Indonesia. Saat itu, semua komunitas akademis perguruan tinggi dan industri Indonesia mendapatkan berbagai macam pengenalan tentang teknologi komputer dari Universitas Indonesia.Beberapa jaringan komputer di Indonesia mulai terhubung ke internet melalui jaringan yang bernama UI-net. Jaringan tersebut berjalan diatas protokol UUC, meskipun pada umumnya jaringan komputer berjalan di atas prootokol TCP/IP. Domain «.id» sudah mulai dikenal pada tahun 1984.

Baca Juga: Munculnya Cyberbullying Dampak Kemajuan Teknologi Informasi Komunikasi dalam Perspektif Hukum

Pada tahun berikutnya, mulailah terbentuk jaringan berskala besar yang menghubungkan kampus besar yang ada di Indonesia. Beberapa kampus yang terhubung antara lain mulai UI, ITB, UGM, ITS, UNHAS, UT dan Dirjen Pendidikan Tinggi. Pada tahun 1988 dan 1989 Universitas Indonesia dipilih menjadi gateway internet pertama di Indonesia, dan sekaligus dipilih sebagai koordinator pendaftaran domain .id pada jaringan internet berbasis protokol UCC. Lalu pada tahun 1993 Indonesia secara resmi terhubung ke dalam internet global menggunakan protokol TCP/IP dan domain “.id” sebagai simbol negara. Situs IPTEKNET adalah situs pertama yang terhubung dengan internet.Pada tahun 1994 hingga 1997 mulai muncul penyediaan layanan internet secara umum. Lalu semakin banyak penyedia layanan internet beserta variasi program atau layanan internet yang beragam hingga saat ini untuk mendapatkan internet dengan kecepatan standar 10Mb/s pun bisa sangat terjangkau.

Mencegah Kekerasan Cyber

Pada masa modern teknologi informasi dan komunikasi memang memberikan dampak positif yang membuat kemudahan dalam kehidupan manusia,serta meningkatkan kualitas hidupnya dalam hal memberikan atau menerima informasi yang cepat, tetapi bagaimana jika teknologi tersebut juga memberikan dampak yang buruk terhadap manusia salah satunya ialah bully dan kekerasa cyber yang memberikan dampak negatif terhadap seseorang bahkan bisa merusak mental seseorang.Pemanfaatan Teknologi Informasi di dunia sekarang ini memang bagaikan pisau bermata dua. Di satu sisi banyak keuntungan dan manfaat yang bisa kita dapat.Tetapi di sisi lain tidak sedikit kerugian dalam bentuk hal-hal negatif yang digunakan dalamTeknologi Informasi ini.

Cyberbullying merupakan perlakuan yang ditujukan untuk mempermalukan, menakut-nakuti, melukai, atau menyebabkan kerugian bagi pihak yang lemah dengan menggunakan sarana komunikasi Teknologi Informasi, sedangkan bully adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau kelompok yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus danTindakan ini dilakukan secara langsung. Sebenarnya cyberbullying dan bully itu sama saja cuman yang membedakan kedua nya adalah cara dalam melakukanya.

Bullying ini  sering terjadi pada anak usia remaja,Pengetahuan tentang efek cyberbullying ini penting untuk diketahui oleh para remaja karena seringkali mereka menganggap remeh dan menganggap sudah biasa perlakuan seperti ini terjadi. Mereka sering tidak mengetahui efek yang bisa ditimbulkan dari aksi cyberbullying ini. Bullying dalam berbagai bentuk dapat menimbulkan dampak jangka panjang yang cukup serius termasuk turunnya kepercayaan diri, depresi, kemarahan, kegagalan di sekolah, dan di beberapa kasus yang tragis bisa berdampak pada menyakiti diri sendiri atau bunuh diri.Beberapa contoh cyberbullying yaitu:

  1. Menyebarkan kebohongan tentang seseorang atau memposting foto memalukan tentang seseorang di media sosial.
  2. Mengirim pesan atau ancaman yang menyakitkan melalui platform chatting, menuliskan kata-kata menyakitkan pada kolom komentar media sosial, atau memposting sesuatu yang memalukan/menyakitkan.
  3. Meniru atau mengatasnamakan seseorang (misalnya dengan akun palsu atau masuk melalui akun seseorang) dan mengirim pesan jahat kepada orang lain atas nama mereka.

Dari beberapa contoh tindakan cyberbullying diatas dapat kita lihat bahwa tindakan tersebut di lakukan lewat media sosial atau internet. Lalu bagaimana cara mencegah agar kita bisa memprotek diri kita dalam tindakan tersebut. Berikut salah satu cara mencegah cyberbullying yaitu:

  • Atur privasi dalam media sosial

penting bagi kita untuk memahami fakta bahwa apa yang kita posting secara online tidak pernah benar-benar pribadi dan selalu dapat dibagikan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu berpikir sebelum memposting. Hindari memposting hal-hal yang sifatnya pribadi, seperti alamat rumah, debit card dan usahakan untuk tidak over-sharing di social media.

 

  • Pilih pilih teman di dalam media sosial

Semakin banyak teman atau follower di sosial media, semakin lebar pintu untuk cyberbullying terbuka. Oleh karena itu, kita harus bersiap dengan konsekuensinya postingan kita mungkin akan mendapatkan banyak respon dan tidak semuanya positif.Untuk ini, kita bisa mengatur kolom komentar agar tidak semua orang bisa meninggalkan komentar, atau membatasi postingan agar hanya orang-orang tertentu yang bisa melihatnya.

 

  • Tidak sembarang bercerita di sosial media

Membedakan hal yang lebih baik diceritakan pribadi atau di media sosial. Karena, perbedaan persepsi biasanya terjadi di media sosial. Contoh nya Konten pertengkaran dengan pasangan sepertinya tidak baik untuk diunggah di sosial media karena bisa mengundang respon negatif.Konten yang berupa opini pribadi bisa diunggah di sosial media asalkan dikemas dengan bahasa yang baik dan tidak menyerang pihak-pihak lain.Sejak sosial media hadir, etika dalam pergaulan bertambah. Kini, kita juga harus mengamalkan etika-etika dalam bergaul di media sosial. Terkadang, karena komunikasi tidak saling bertatap muka, apa yang kita tuliskan di sosial media, entah di feed atau di komentar, bisa melukai orang lain.

 

  • Jangan asal memposting sesuatu

Memang media sosial yang kita miliki merupakan hak milik kita dan kita bebas untuk Melakukan sesuatu yang kita suka di dalam media sosial kita, tapi alangkah baiknya kita berhati hati atau berpikir dua kali sebelum memposting sesuatu. Contohnya memfilter postingan, khususnya foto, dengan baik. Karena beberapa foto yang diposting mungkin bisa menjadi objek bully bagi sebagian orang.Maka dari itu, usahakanlah untuk selalu mempertimbangkan fotomu terlebih dahulu sebelum mempostingnya. Hal ini juga berlaku ketika kamu mengirimkan foto kepada orang lain. Dengan begitu kamu bisa menghindari kemungkinan untuk menjadi korban cyber bullying oleh orang lain. Postinglah hal hal yang positif dan berhati hati dalam hal yang lebih ke pribadi.

  • Sebagai orang tua berikan Edukasi Cara Online yang Aman kepada anak

Pada dasarnya memberi edukasi tentang tata cara menggunakan media sosial yang aman kepada anak menjadi langkah paling dasar dalam mencegah cyber bullying. Berikan pemahaman mengenai apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan melalui media online, khususnya media sosial.Ajari mereka tentang cara mengatur privasi pada setiap akun online yang dibuatnya. Dan yang tidak kalah penting adalah edukasi tentang postingan. Berikan pemahaman bahwa apa yang sudah diposting tidak akan hilang, sehingga sikap selektif menjadi poin penting yang harus dimiliki.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memang sangat berdampak bagi seluruh kehidupan manusia dari zaman dulu hingga sekarang salah satunya dalam memberikan kemudahan menerima informasi dan memberikan informasi yang dulu manusia hanya menggunakan lisan dalam memberikan informasi sekarang di era modern ini manusia sudah menggunakan alat yang lebih canggih dan efisien salah satu adalah telepon, komputer dan lainya.tetapi teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya memberikan dampak positif tetapi juga memberikan dampak negatif kepada manusia salah satu nya dalam bermedia sosial atau penggunaan internet.

Banyak sekali yang terjadi di media sosial salah satu dalam hal memberikan sebuah informasi, memang iya dengan teknologi yang canggih kita bisa mendapatkan informasi yang banyak dan cepat tapi bagaimana jika informasi tersebut tidak sesuai fakta. Pada saat ini Banyak sekali di media sosial orang orang menyebarkan hal hal buruk seseorang untuk menjatuhkan orang lain dengan menfitnah atau menjelekkan fisik atau sesuatu yang membuat seseorang menjadi malu,tidak percaya diri hingga depresi,maka dari itu kita sebagai manusia yang berpendidikan untuk bisa lebih pintar dalam bermedia sosial.

Perilaku membully dalam media sosial maupun langsung itu sangat merugikan bagi orang lain maka dari itu untuk mencegah hal tersebut kita harus memprotek diri kita dan memberikan edukasi terhadap pelaku yang melakukan tindakan tersebut untuk merubah pola pikirnya agar bisa melihat dampak yang dilakukannya dalam membully. Mencegah bully tidak hanya dengan menyuarakan cyberbullying itu jelek, tapi dari kita sendiri juga harus menahan diri untuk tidak memposting hal-hal yang mengundang bully.

Oleh: Reyhan Davin Ardhionova, Siswa SMAN 1 Pontianak

Diolah dari berbagai sumber

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed