by

TIK Sebagai Sarana Pemersatu, Mencegah Intoleransi dan Menerima Keragaman

Oleh: Eliana

Teknologi informasi menggambarkan perkembangan peradaban manusia yang diiringi melalui perkembangan cara penyampaian informasi. Dulunya manusia purba menyampaikan informasi melalui lukisan di dinding-dinding goa. Sekarang arus informasi sudah bisa di akses dengan mudah melalui internet.

Informasi berkembang menggunakan gambar dari zaman purba sampai sekarang. Sejak ditemukan alfabet dan angka arabik, penyampaian informasi berjalan lebih efisien, alfabet memudahkan manusia untuk menyampaikan informasi melalui tulisan. Saat ditemukan teknologi pencetakan, informasi menjadi lebih mudah disebarkan. Hal serupa juga terjadi ketika mulai muncul radio, televisi, dan kompoter yang membuat informasi menyebar luas jangkauannya.

Setelah itu teknologi informasi digunakan untuk mengolah data, memproses, mendapatkan , menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan data yang berkualitas. Teknologi informasi sering digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, serta urusan pemerintahan dalam pengambilan keputusan.

Teknologi komunikasi yang bertujuan menyampaikan informasi telah bergulir dari masa prasejarah, awalnya komunikasi hanya menggunakan suara dengusan dan isyarat tangan. Kemudian berkembang sampai sekarang yang sudah menggunakan peralatan komunikasi yang modern.

Pada masa prasejarah – 3000 SM, manusia purba berkomunikasi melalui lukisan di dinding goa, serta obrolan antar manusia masih sebatas dengusan, bahasa isyarat, dan gerakan tangan. Pada masa prasejarah 3000 SM – 1400 M, teknologi komunikasi berevolusi menjadi lebih baik. Proses berkomunikasi berkembang denga cara menggunaan simbol seperti pada masa kehidupan bangsa Sumeria yang memaai huruf piktograf di era 3000 SM.

Kemudian masuk pada masa modern 1400 M – Sekarang, teknologi komunikasi telah memungkinkan informasi menyebar sangat luas. Dimasa ini sudah di temukan koran, radio, televisi, hingga internet yang memudahkan orang berkomunikasi serta menyampaikan informasi lebih cepat.

Sarana Pemersatu

Teknologi informasi dan komonikasi sangat berpengaruh, seiring berjalannya waktu teknologi zaman sekarang sudah sangat maju, terutama dalam hal komunikasi dan informasi. Mengakses informasi, bertatap muka dengan orang lain, dan bahkan menggelar suatu rapat sudah semudah menggeserkan jari. Hal ini bukan hanya sekadar perumpamaan, melainkan kenyataan dimana sekarang semua hal dapat kita akses melalui perangkat telepon pintar (smartphone)yang penggunaannya tentu dengan menggeser-geserkan jari.

Namun setiap kemajuan pastinya memiliki sisi positif dan negatifnya, termasuk dalam hal teknologi ini. Sisi positif dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi pastinya sangat banyak dan dapat kita rasakan setiap harinya. Teknologi membuat semua hal menjadi lebih praktis, mudah, dan efisien. Penyebaran berita, pengaruh, dan ide sangatlah cepat dan semua orang dapat mengaksesnya.

Namun, kemudahan-kemudahan ini pun membuka sisi negatif dari teknologi yaitu penyelewengan penggunaan untuk hal-hal buruk. Dalam konteks persatuan bangsa, penyelewengan penggunaan teknologi seringkali berujung pada aksi mengadu-domba antar golongan dengan  penyebaran radikalisme dan aksi terorisme yang terjadi lewat media sosial di internet.

Baca Juga: Paparan Ideologi Intoleran-Radikal pada Aparatur Negara Dinilai Kecolongan

Masyarakat yang kurang cerdas dalam menyaring persoalan-persoalan ini menambah buruk dampak dari kemudahan teknologi ini. Hoax-hoax juga banyak beredar di internet dan sangat disayangkan tetap ada masyarakat yang dengan mudah tersulut dan mempercayai kebohongan-kebohongan tersebut.

Berita-berita hoax yang mudah memecah-belah tentunya berbahaya bagi kesatuan bangsa. Penggunaan teknologi yang seharusnya bisa semakin merekatkan antar golongan, tetapi malah seringkali memecah belah. Dalam menyikapi kemajuan teknologi, masyarakat haruslah mempunyai sikap kedewasaan agar  bijak dalam memanfaatkan kemudahan-kemudahan dalam menggunakan teknologi/media sosial. Jika dimanfaatkan dengan baik, sifat praktis dan cepat dari teknologi membuat pemerataan pembangunan semakin mudah diwujudkan. Penggunaan teknologi dalam konteks persatuan dan kesatuan haruslah sesuai dengan isi Pancasila, terutama sila pertama, ketiga, dan kelima.

Mencegah Intoleransi

Teknologi informasi dan komunikasi juga memiliki peran penting Dalam mencegah intoleransi dan menerima keragaman,  Keberagaman adalah suatu kondisi masyarakat di mana terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang, seperti suku, bangsa, ras, keyakinan, dan antar golongan. Keberagaman yang dimiliki  harus diimbangi dengan sikap toleransi antanr anggotanya untuk mempertahakan sebuah kesatuan. Sikap toleransi ini ditunjukkan untuk menghormati adanya perbedaan pendapat agama, ras, dan budaya yang dimiliki kelompok atau individu. Kurang memahami keragaman dalam masyarakat menyebabkan sikap intoleransi.

Berdasarkan Kamus besar Bahasa Indonesia, intoleransi adalah paham atau pandangan yang mengabaikan seluruh nilai-nilai dalam toleransi. Dapat diartikan sikap intoleransi merupakan sikap tidak tenggang rasa atau tidak toleran. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi sa ngat membantu untuk mencegah terjadinya intoleransi yaitu dengan cara menggunakan teknologi dengan baik serta untuk hal-hal positif, tidak untuk melakukan hal-hal negatif.

Menerima Keragaman

Perkembangan teknologi informasi telah menunjukkan kemajauan sangat cepat. Kemajuan itu telah menyebabkan manusia lebih mudah untuk berhubungan satu sama lain. Informasi dan peristiwa yang terjadi berbagai belahan dunia dengan cepat dapat diketahui oleh manusia di benua lain

salah satu contohnya bidang sosial dan budaya. Salah satu akibat kemajuan teknologi yang berdampak positif di bidang sosial dan budaya yaitu meningkatnya cara berkomunikasi dulu masyarakat Indonesia banyak yang menjalin komunikasi dengan cara surat menyurat atau mengirim SMS. Namun, adanya kemajuan teknologi telah mengubah kebudayaan di masyarakat dalam hal menjalin komunikasi.

Kini, masyarakat terbiasa menjalin komunikasi lewat e-mail ataupun lewat media sosial lainnya. Perubahan kebudayaan ini membawa dampak positif untuk masyarakat karena bisa menjalin komunikasi tanpa batas ruang dan waktu. Tetapi kemajuan teknologi ini juga bisa dipandang negatif ketika membuat masyarakat jarang menjalin komunikasi tatap muka. Sehingga dikhawatirkan bisa menjauhkan kita dari orang-orang di sekitar.

Solusi mengatasi masalah teknologi informasi dan komunikasi dalam sarana pemersatu, mencegah intoleransi, dan menerima keragama yaitu,

  • Dengan cara menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan baik dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang-orang sekitar maupun orang luar.
  • Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk hal-hal yang positif
  • Tidak untuk melakukan tindakan kejahatan seperti penipuan, kekerasan, pelecehan, pembullyan, dan lainya.

Mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam sarana Pemersatu, mencegah Intoleransi, dan menerima Keragaman sebaiknya dapat dijadikan sebagai acuan dalam kehidupan seperti:

  • Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, sangat memudahkan bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan/aktivitas tanpa harus bertemu langsung,.
  • Teknologi informasi komunikasi juga bisa di jadikan sebagai sarana pemersatu antara masyarakat, bangsa dan negara dengan cara menjalin hubungan baik melalui teknologi medsos.
  • Teknologi informasi komunikasi juga bisa di jadikan sebagai saranan mencegah terjadinya intoleransi, dengan cara bersikap toleran serta selalu mengargai norma-norma yang berlaku.
  • Dalam menerima keragaman, teknologi informasi dan komunikasi juga berperan untuk saling menerima perbedaan antar satu sama lain baik perbedaan ras, agama, suku , bahasa dan lainnya.

Teknologi informasi dan komunikasi menggambarkan perkembangan peradaban manusia yang diiringi melalui perkembangan cara penyampaian informasi. Dulunya manusia purba menyampaikan informasi melalui lukisan di dinding-dinding goa. Sekarang arus informasi sudah bisa di akses dengan mudah melalui internet. Seiring berjalannya waktu teknologi informasi komunikasi pun berkembang pesat hingga sekarang. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi sangat membantu memudahkan kita untuk melakukan aktivitas, seperti aktivitas yang seharusnya lakukan dengan bertemu secara langsung dapat kita lakukan dari jarak jauh melalui internet.

Teknologi informasi dan komonikasi juga memiliki pengaruh dalam sarana pemersatu, mencegah intoleransi, dan menerima keragaman. Dalam sarana pemersatuan teknologi memiliki sisi positif dan negatifnya, sisi positif dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi  teknologi membuat semua hal menjadi lebih praktis, mudah, dan efisien. Penyebaran berita, pengaruh, dan ide sangatlah cepat dan semua orang dapat mengaksesnya. sisi negatif dari teknologi yaitu penyelewengan penggunaan untuk hal-hal buruk.

Dalam konteks persatuan bangsa, penyelewengan penggunaan teknologi seringkali berujung pada aksi mengadu-domba antar golongan dengan  penyebaran radikalisme dan aksi terorisme yang terjadi lewat media sosial di internet. Penggunaan teknologi yang seharusnya bisa semakin merekatkan antar golongan, tetapi malah seringkali memecah belah. Dalam menyikapi kemajuan teknologi, masyarakat haruslah mempunyai sikap kedewasaan agar  bijak dalam memanfaatkan kemudahan-kemudahan dalam menggunakan teknologi/media sosial.

Dalam mencegah intoleransi teknologi informasi komunikasi juga sangat berpengaruh yaitu untuk membantu menyampaikan bahwa rasa toleransi itu sangat penting dalam masyarakat berbangsa dan negara, melalui teknologi informasi seperti televisi, radio, internet memudahkan menyebarkan informasi tersebut. Dan dalam menerima keragaman teknologi informasi komunikasi juga memiliki pengaruh baik positif maupun negatif.

Bagian positif nya yaitu memudahkan antar masyarakat berkomunikasi tanpa batas dan waktu dengan jangkauan yang luas. Bagian negatifnya yaitu masyarakat terbiasa menjalin komunikasi lewat e-mail ataupun lewat media sosial, membuat masyarakat jarang menjalin komunikasi tatap muka. Sehingga dikhawatirkan bisa menjauhkan kita dari orang-orang di sekitar.

Dalam kehidupan berbangsa dan negara kita sangat memerlukan teknologi informasi dan komunikasi guna untuk  memudahkan kita melakukan aktivitas serta untuk berkomunikasi, maka dari itu kita harus menggunakan alat teknologi informasi komunikasi dengan baik dan benar. Tidak digunakan untuk kejahatan, penipuan dan sebagainya.

Penulis: Eliana, Siswi SMAN 1 Pontianak

Diolah dari berbagai sumber

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed