Teknologi dan Sosial Media dalam Penyebaran Budaya Indonesia

Kabar Utama2059 Views

Oleh: Harnum Maulidia

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpangan, penyebaran, dan penyajian informasi. TIK mengacu pada teknologi yang menyediakan akses informasi melalui telekomunikasi. TIK mirip dengan Teknologi Informasi (TI) tetapi fokus utama TIK pada teknologi komunikasi, seperti internet, jaringan nirkabel, telepon seluler, dan media komunikasi lainnya.

Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 19101920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama.

Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini. Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya.

Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Konvergensi telekomunikasi – komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri.

Ketika seseorang mencoba berkomunikasi dengan orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda dan menyesuaikan perbedaan mereka, itu membuktikan bahwa budaya itu berwawasan luas. Bangsa Indonesia harus mempersiapkan pengaruh teknologi komunikasi pada semua aspek kehidupan dan budaya bangsa. Pembangunan karakter bangsa melalui budaya lokal sangat dibutuhkan.

Pembangunan karakter bangsa dapat ditempuh dengan cara mentransformasi nilai-nilai budaya lokal sebagai salah satu sarana untuk membangun karakter bangsa. Hal ini dikarenakan dalam suatu kebudayaan pasti terkandung nilai-nilai budaya lokal yang dianut oleh masyarakat setempat. Di dalam masyarakat unsur kebudayaan diwariskan secara turun temurun yang membutuhkan waktu dalam proses pewarisannya. Kerap kali keberadaan teknologi dan sosial media, termasuk Tiktok, dianggap mengancam budaya bangsa. Hal yang miris jika mengetahui demam dan budaya latah ber Tik Tok ria lebih mudah diterima oleh semua lapisan masyarakat daripada budaya lokal yang dianggap sudah kuno dan tidak mengalami perkembangan.

Baca Juga: Teknologi Sebagai Alat Pemersatu dalam Lini Kehidupan

Keberadaan dan eksistensi budaya di Indonesia saat ini jarang diperhatikan karena dianggap kurang krusial. Padahal faktanya, budaya Indonesia dapat membantu menyalurkan energi positif yang dapat meningkatkan dan memperkuat rasa cinta terhadap negara Indonesia sendiri.

Banyak sekali ditemukan para creator asal Indonesia yang memperlihatkan dan memperkenalkan budaya Indonesia, masih banyak sekali budaya di Indonesia yang sebenarnya dapat dianggap sebagai sebuah identitas bangsa. Salah satunya yaitu sejarah mengenai perjalanan nusantara hingga Bersatu dalam satu kesatuan, yaitu bangsa Indonesia. Hal tersebut sering kali dituangkan dan dikemas dalam bentuk sebuah cerita sejarah yang sangat menarik perhatian banyak masyarakat.

Hal di atas membuktikan bahwa kepekaan yang dimiliki setiap masyarakat masih terlihat jelas akibat adanya kesadaran yang tertanam dalam diri sendiri untuk tetap mencintai budaya tanah air seperti membuat mengviralkan buaya Indonesia yang sangat beragam. Sebagai masyarakat Indonesia kita sebaiknya tidak menerapkan sikap western. Representasi kemajuan teknologi saat ini ternyata berdampak baik pada masyarakat. Pada akhirnya keberadaan teknologi yang semakin berkembang pesat ini telah memberikan kontribusi terhadap kemajuan nusantara, salah satunya adalah budaya yang harus dilestarikan.

Indonesia merupakan salah satu negara yang terdiri dari ribuan kepulauan  dengan berbagai macam nilai kearifan lokal yang terdapat di dalamnya. Dan merupakan slah satu negara berkembang yang terletak di Asia Tenggara. Negara yang menjadi tolak ukur negara lain dalam memajukan perkembangan bangsanya. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan Bangsa yang menjunjung tinggi persatuan dalam kemajemukan untuk Berbangsa dan Bernegara, Bangsa dengan keanekaragaman suku, agama, ras, dan ragam kebudayaan yang dapat bersatu dalam kebersamaan, Bangsa yang selalu menjunjung nilai-nilai etika, tata krama, serta sopan dan santun dalam berbangsa dan bernegara. Dengan adanya pemahaman yang terbuka ini, generasi muda diharapkan dapat berprilaku bermasyarakat yang beretika, bermoral, bertata karma dan bersopan santun dengan pemahaman yang terbuka dalam menerima hal-hal baru dan berkembang di era modern dalam ke-Bhinneka Tunggal Ika-an.

Penulis: Harnum Maulidia, Siswi SMAN 1 Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *