by

Suami Talak Istri Setelah Akad Nikah, Komnas Perempuan: Itu Kekerasan

-Kabar Puan-28 views

Kabar Damai | Jumat, 9 Juni 2021

Jakarta | kabardamai.id | Kasus viral lelaki yang melakukan talak pada istrinya tidak lama setelah ijab kabul ini dianggap Komisi Nasional (Komnas) Anti Kekerasan Terhadap Perempuan sebagai bentuk kekerasan terhadap wanita. Karena aksi si pria membuat wanita tersebut tidak nyaman.

“Apalagi di ruang publik seperti itu. Tanpa penjelasan tiba-tiba orang kan kaget semua,” ujar Komisioner Komnas Perempuan Alimatul Qibtiyah saat dihubungi Wolipop Rabu, 7 Juli 2021.

Alimatul menambahkan seharusnya sebuah pernikahan sesuai ajaran agama Islam adalah suatu yang sakral. Dan momen tersebut juga menjadi hari yang membahagiakan untuk kedua mempelai termasuk keluarga.

“Ketika itu justru sebaliknya, dengan tiba-tiba menceraikan tanpa paham apa yang terjadi itu jelas-jelas membuat keluarga terutama pengantin perempuan itu ya mengalami situasi yang tidak menyenangkan,” tutur Komisioner Komnas Perempuan yang akrab disapa Alim itu.

Baca Juga: Nikahkan Pelaku dan Korban Perkosaan Dinilai Tak Sejalan dengan Prinsip Perlindungan Anak

Kejadian talak setelah akad nikah itu, dilansir dari wolipop.detik.com,  menurut Alimatul juga bisa menimbulkan trauma seumur hidup pada si pengantin wanita. Istri yang mengalami nasib tersebut dikatakannya mengalami kekerasan psikologis.

“Saya harap perempuan itu bisa recovery dari traumanya ya. Dan masyarakat tidak menambah stigma negatif terhadap korban dan keluarga yang menjadi korban. Kalau masyarakat malah menambahkan malah nanti jadi persoalan juga,” kata Alim.

Sebagai bagian dari Komnas Perempuan, Alim pun menyampaikan pesan bagaimana agar kejadian serupa tidak dialami wanita lainnya. Menurutnya seharusnya pihak pengantin wanita melaporkan si pria yang melakukan talak setelah akad nikah tersebut.

“Saya tidak paham itu pengantin pria melihat perempuan itu seperti apa. Jangan-jangan dia tidak memiliki pemikiran yang setara. Sehingga perempuan dianggap sebagai objek atau kelompok yang dapat direndahkan. Karena itu menurut saya agar hal ini tidak terjadi pengulangan, laporkan saja. Toh itu sebenarnya menceraikan itu kan tandanya sudah ada ikatan ya. Walaupun hanya beberapa menit, sehingga sudah dapat menggunakan UU PKDRT (Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga-red),” terangnya.

Fakta Sebenarnya

Sejak Rabu (7/7) pagi viral video di media sosial pengantin wanita ditalak suaminya sesaat setelah ijab kabul. Di balik pernikahan yang sangat singkat itu ternyata ada fakta lain yang perlu diketahui publik.

Salah seorang kerabat mempelai wanita mengurai kejadian sebenarnya kepada tribunnews.com di balik viral video  suami talak istri setelah ijab kabul itu.

Dari cerita kerabat tersebut, diketahui alasan mengapa mempelai pria tega menceraikan istrinya padahal baru 5 menit menikah.

Sebelumnya diwartakan acara pernikahan yang terjadi di Desa Gapit, Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat tengah viral di media sosial.

Baru lima menit mengucap ijab kabul, mempelai pria tiba-tiba menjatuhkan talak kepada istrinya.

Keputusan mempelai pria menjatuhkan talak kepada istrinya itu sontak membuat keluarga mengamuk. Acara pernikahan yang semula damai itu pun berakhir ricuh.

Video peristiwa pernikahan yang ricuh tersebut dibagikan oleh akun Instagram @trending_bimadompu

Turut hadir di pernikahan yang kini sedang viral, salah seorang kerabat dari mempelai wanita bernama Fendi mengurai cerita.

Kepada TribunnewsBogor.com (Tribun Network), Fendi mengungkap kondisi mempelai pria saat acara pernikahan tersebut berlangsung.

Diakui Fendi, saat acara pernikahan itu, orangtua mempelai pria tidak hadir. Hal itu lantaran orangtua mempelai pria tidak merestui pernikahan tersebut.

Namun lantaran sang wanita sudah hamil, mempelai pria pun akhirnya datang ke pernikahan tersebut.

Adapun yang menyiapkan acara pernikahan tersebut adalah pihak mempelai wanita.

“Orang tua si laki tidak merestui, orang tua si laki tidak datang waktu akad. Ini kan keadaan darurat (mempelai wanita sudah hamil). Pihak mempelai wanita sudah mempersiapkan mulai dari acara adat sampai seterusnya,” ujar Fendi kepada TribunnewsBogor.com melalui DM Facebook, Rabu, 7 Juli 2021.

Ikut menyaksikan prosesi akad nikah, Fendi terkejut kala mendengar mempelai pria menjatuhkan talak.

Mengenai hal tersebut, Fendi tahu penyebab mengapa mempelai pria tega menjatuhkan talak kepada istrinya.

Diduga sang mempelai pria ingin mengikuti keinginan orangtuanya agar tidak menikah dengan mempelai wanita. [wolipop.detikcom/tribunnews]

“Alasannya (pria menjatuhkan talak karena) keluarga mempelai laki-laki tidak suka dengan keluarga si perempuan. Terlepas dari hal itu tapi kan tanggung jawab perbuatannya dia,” terang Fendi.

Ditalak suaminya padahal baru lima menit menikah, kondisi mempelai wanita diungkap Fendi, bahwa  sang mempelai wanita terkejut dan kecewa.

“Dia (mempelai wanita) kaget, syok lah, kecewa juga,” jelas Fendi.

Editor: Ahmad Nurcholish

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed