by

Semarak 76 Tahun Indonesia, 7 Rekomendasi Film Spesial HUT RI

Kabar Damai I Selasa, 17 Agustus 2021

Jakarta I kabardamai.id I 17 Agustus sudah di depan mata. Tepat hari ini bangsa Indonesia merayakan HUT Kemerdekaan RI. Perayaan sakral ini biasanya diwarnai dengan upacara bendera hingga berbagai perlombaan, guna menghomati perjuangan para pahlawan yang telah gugur.

Selain itu, perayaan 17 Agustus juga kerap disambut degan pemutaran film yang menceritakan nilai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Baca Juga: Passan Terakher, Film Perjuangan Dibumbui Komedi Romantis

Ada banyak sekali kisah perjuangan para pahlawan Republik Indonesia yang kerap diabadikan dalam bentuk film. Alur cerita yang dikemas dramatis dan penuh aksi di medan perang membawa kita merasakan ke zaman perjuangan kala itu.

Berikut 7 rekomendasi film kemerdekaan yang bisa ditonton untuk menyemarakkan 76 tahun Indonesia.

1. Merah Putih (2009)

Film Merah Putih

Berlatar belakang tahun 1947, film ini mengisahkan para pemuda dari berbagai suku yang berjuang mempertahankan kemerdekaan Tanah Air Indonesia. Merah Putih adalah bagian pertama dari rangkaian film “Trilogi Merdeka” yang terdiri dari sekuel selanjutnya “Darah Garuda” pada 2010 dan “Hati Merdeka” 2011.

2. Sang Pencerah (2010)

Film Sang Pencerah

Film yang berkisah tentang tokoh agama sekaligus pahlawan, Kyai Haji Ahmad Dahlan ini disutradarai langsung oleh Hanung Bramantyo. Kyai Haji Ahmad Dahlan yang kala itu baru pulang dari Mekah, melihat warga kampungnya melaksanakan ajaran agama yang keliru.

Beliau bersama teman-temannya pun mulai bergerak untuk membenarkan arah kiblat yang seharusnya.

Melalui film sejarah Indonesia yang satu ini, penonton akan diajarkan nilai-nilai tentang toleransi dan semangat perjuangan untuk melepaskan diri dari penjajahan serta penindasan.

3. Soegija (2012) 

FIlm Soegija

Soegija merupakan salah satu film perjuangan kemerdekaan Indonesia selama tahun 1940 hingga 1949. Saat itu, Belanda yang tidak mengakui kemerdekaan Indonesia kembali menyerang dengan mengirimkan tentara-tentara mereka.

Soegija pun menulis kekejaman Belanda ini ke media Amerika, sehingga berpengaruh terhadap kemerdekaan Indonesia.

Film tentang seorang uskup agung hebat yang satu ini juga dapat menjadi inspirasi kamu dalam merayakan kemerdekaan. Film ini bukan hanya mengingatkan tentang sejarah, melainkan juga membangun jiwa nasionalisme bagi siapa saja yang menontonnya.

4. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Film Soekarno

Dilihat dari judulnya, tentu saja kita sudah tahu siapa tokoh utama yang diceritakan dalam film ini. Film biografi Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno ini merupakan salah satu karya sutradara Hanung Bramantyo.

Film ini menceritakan seorang pria bernama Kusno yang semasa kecilnya sering sakit-sakitan. Kedua orang tuanya lantas mengganti namanya dengan Soekarno.

Dalam film ini, Soekarno juga akan tampil dengan pidato-pidatonya yang penuh semangat, salah satunya, “Indonesia Menggugat”. Film ini dikisahkan dengan sangat detail, termasuk peristiwa masa-masa pengasingan Soekarno, hingga detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia yang bikin haru.

5. Jenderal Soedirman (2015)

Film Jenderal Soedirman

Seorang pahlawan yang namanya diabadikan di negara Jepang ini, ternyata kisah perjuangannya juga sudah dapat disaksikan melalui sebuah film. Jendral Soedirman merupakan film kemerdekaan Indonesia yang sangat cocok untuk ditonton saat HUT RI 17 Agustus nanti.

Semangat membara seorang panglima jendral, diceritakan dengan sangat apik melalui film tersebut. Dalam film ini, dikisahkan Jenderal Soedirman sedang dalam kondisi sakit paru-paru saat melakukan perjalanan ke Selatan.

Meski demikian, Sang Jenderal tetap berhasil menyusun strategi perang gerilya bersama para tentara nasional. Belanda yang berhasil dilumpuhkan dan kehabisan stok logistik, pada akhirnya setuju untuk menandatangani perjanjian Roem-Royen serta mengakui kedaulatan Republik Indonesia seutuhnya.

6. Kartini (2017)

Film Kartini

Pahlawan perempuan Indonesia yang namanya tidak akan pernah pudar dalam dunia pendidikan ini, juga telah diabadikan dalam sebuah film berjudul Kartini. Berbeda dengan pahlawan lainnya yang berjuang menggunakan kekuatan fisik, Kartini saat itu justru sudah berjuang melalui dunia pendidikan. Padahal, ketika itu masih sangat terbatas bagi kamu perempuan.

Karena besarnya peran dalam dunia emansipasi dan pendidikan, Kartini selamanya akan selalu dikenang sebagai salah satu inspirasi bagi kaum wanita dalam berjuang atas hak-haknya.

7. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018)

Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta

Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta yang dirilis tahun 2018 ini, juga menjadi salah satu rekomendasi film kemerdekaan Indonesia.

Film bergenre kolosan ini menampilkan sosok Sultan Agung yang terkenal ambisius dan pemberani karena keputusannya untuk menyerang VOC di Batavia.

Tidak hanya perjuangan semata, film ini juga dibumbui dengan kisah percintaan. Saat itu ia harus mengorbankan cinta sejatinya dengan Lembayung (Putri Marino) karena terpaksa menikahi perempuan ningrat yang bukan pilihannya.

 

Itulah tadi 7 rekomendasi film tentang perjuangan dalam meraih kemerdekaan. Meski situasi sedang tidak stabil seperti biasanya, namun semangat dan jiwa membara dalam merayakan hari kemerdekaan harus tetap sebagaimana mestinya.

Penulis: Ai Siti Rahayu

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed