Sadap Indonesia Ajak Perempuan Muda dan Transpuan Ikuti Diskusi dan Workshop Konten Kampanye Anti Kekerasan Seksual

Kabar Utama257 Views

Kabar Damai I Senin, 31 Januari 2022

Pontianak I Kabardamai.id I Kekerasan seksual dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Walaupun dapat terjadi pada semua gender, namun perempuan menjadi yang paling tinggi dan rentan menjadi korban. Catatan tahunan Komnas Perempuan sepanjang tahun 2020 misalnya menunjukkan lonjakan hingga sebesar 299.911 kasus.

Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak Daerah (KPPAD) Kalbar dalam rilisnya menyatakan sejak pandemi, kasus kekerasan seksual meningkat, paling tinggi di Pontianak dan Sambas.

Seiring dengan tren peningkatan ini, transpuan juga rentan menjadi korbannya pula. Tidak hanya itu, transpuan yang telah mendapatkan kekerasan juga rentan mengalami diskriminasi dan intoleransi disebabkan ekspresi gender pada dirinya.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Koalisi Muda Kalbar bertepatan dengan pelaksanaan 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP) yang didapatkan dari 500 responden muda menunjukkan tren yang baik mengenai kesadaran perihal pentingnya pemahaman kekerasan seksual.

Baca Juga: Dialog Stigma dan Agama, Cara SADAP Indonesia Ajak Pemuda Lebih Toleran

Berangkat dari tren dan kesadaran yang baik tentang pentingnya pemahaman tentang kekerasan seksual serta semangat untuk menghentikan terjadinya lonjakan kasus yang semakin besar setiap tahunnya diimplementasikan oleh SADAP Indonesia yang bekerjasama She Builds Peace Community Action Grant dan AMAN Indonesia melalui Diskusi dan Workshop Konten Kampanye Anti KS Bagi Perempuan dan Transpuan di Kalbar.

Akan turut hadir sebagai pemateri dalam diskusi dan workshop ini Andy Yentriyani, Ketua Komnas Perempuan serta Edho Sinaga, Jurnalis dan Konten Kreator serta Ketua HCC.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 5 Februari 2021 bertempat di Jl. KWH. Hasyim Pontianak.

Syarat:

  1. Perempuan muda & transpuan.
  2. sudah divaksin (min dosis 1)
  3. Aktif dimedia sosial
  4. Bersedia mengikuti kegiatan hingga selesai.
  5. Bersedia membuat konten tentang anti KS.

 

Daftarkan dirimu pada link berikut  dari 30 Januari-3 Februari 2021.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *