by

Rektor Universitas Paramadina Tutup Usia

-Kabar Utama-118 views

Rektor Universitas Paramadina Firmanzah meninggal dunia, Sabtu (6/2). Firmanzah diketahui juga pernah menjadi Staf Khusus Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bidang Ekonomi.

Kabar duka disampaikan oleh salah satu dosen Paramadina, Aan Rukmana melalui laman facebooknya.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun…. telah berpulang ke rahmatulloh Prof. Dr. Firmanzah, Rektor Univ Paramadina karena sakit vertigo. Saat ini jenasah berada di RS. EMC Sentul…..

Semoga almarhum husnul khotimah, Al-Fatihah. Dan keluarganya diberi kesabaran dan ketaban, amin YRA .. Selamat jalan Prof Fiz..insyaAllah kt lanjutkan perjuangannya…,” tulis Kang Aan.

Sejumlah teman juga menyampaikan kabar yang sama di media social mereka masing-masing.

Sebelum menghembuskan napas terakhir, Firmanzah sempat dibawa ke Rumah Sakit EMC Sentul, Bogor, Jawa Barat, akibat kondisi kesehatannya menurun. Namun, dokter yang merawatnya tidak bisa menyelamatkan nyawanya. Pria asal Kota Pahlawan itu meninggal dunia di usia masih sangat muda, 44 tahun.

Firmanzah lahir di Surabaya pada 7 Juli 1976. Ia pernah menjabat sebagai dekat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) pada 2009-2013. Ia bisa dibilang menjadi dekan termuda di UI, saat itu usianya 32 tahun.

Pada 15 Januari 2014, Firmanzah terpilih sebagai Rektor Universitas Paramadina 2014-2018. Ia menggantikan Anies Baswedan yang ditunjuk Presiden Joko Widodo menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Ia merupakan lulusan FE UI pada 1998, Firmanzah melanjutkan studi ke Universitas Lille, Prancis, dan akhirnya meraih gelar doktor dari Universitas Pau and Pays De l’Adour, pada 2005.

Pada Desember 2020, almarhum menjadi juri ajang People and Inspiration Award yang diselenggarakan Beritasatu News Channel. Pada saat yang sama, Firmanzah juga menjadi juri Tokoh Finansial Indonesia 2020 yang diselenggarakan Majalah Investor. [AN]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed