by

Rekomendasi 5 Film Kesetaraan Gender Versi Kalis Mardiasih

Kabar Damai | Sabtu, 10 April 2021

 

Jakarta I Kabardamai.id I Banyak cara dapat dilakukan guna mengisi waktu luang, seperti halnya menyalurkan hobi atau melakukan hal-hal produktif. Bisa pula menonton serial-serial atau film yang tidak hanya diambil sisi rekreatifnya namun juga edukasi secara marathon.

Banyak film menarik yang dapat ditonton saat ini, salah satunya film dengan tema kesetaraan gender.

Kalis Mardiasih memberikan lima rekomendasi film kesetaraan gender yang dapat kamu saksikan sendiri ataupun bersama teman-teman terdekat.

Baca Juga : Menaker Ida Fauziah Dorong Gerakan Nondiskriminasi di Tempat Kerja

IDT Times menyebut Kalis Mardiasih ialah seorang penulis dan pemerhati isu gender. Ia lahir pada 16 Februari 1992 di Blora ini juga merupakan sarjana Bahasa Inggris di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Kalis juga dikenal sebagai aktifis muda Nahdatul Ulama (NU) dan anggota Sekretariat Nasional Jaringan Gusdurian.

Lima film kesetaraan gender ini disampaikan dan turut dikreasikan dalam podcast RUJUK yang diunggah oleh official instagram Kabar Sejuk. Adapun film tersebut antara lain sebagai berikut:

 

  1. 27 Steps Of May – Indonesia

May, diperankan oleh Raihanun, berusia 14 tahun yang mengalami pemerkosaan oleh sekelompok orang tak dikenal. Bertahun-tahun setelahnya ia masih mengalami trauma, menolak keluar kamar dan berkomunikasi dengan siapapun. Termasuk bapaknya.

Bagi Kalis, menonton film ini bisa men-trigger banyak hal. Baik itu korban, pendamping, atau keluarga korban.

 

  1. Unorthodox – German

Merupakan serial Netflix yang diangkat dari autobiografi Deborah Feldman yang bercerita tentang perempuan berusia 19 tahun yang kabur ke Berlin, Jerman demi terlepas dari komunitas yang selama ini membesarkannya serta pernikahan yang tidak bahagia.

 

  1. Wadjda – Arab Saudi

Film ini menceritakan kisah Wadjda, seorang anak perempuan berusai 11 tahun yang giat mengumpulkan uang mulai dari menjual gelang hingga mengikuti lomba-lomba guna dapat membeli sepeda. Film ini bercerita tentang kesetaraan gender serta mematahkan stereotip perempuan dalam kultur Arab.

 

  1. Dil Se – India

Film ini bercerita tentang jurnalis yang mencintai seorang perempuan dikala liputan dan lalu menyukainya. Padahal, wanita tersebut ialah anggota teroris. Film yang mendapatkan penghargaan di kancah nasional dan internasional ini mengajarkan tentang cinta, pengorbanan dan hak asasi manusia.

 

  1. Sand Storm – Israel

Bercerita tentang kehidupan Layla, gadis berusia 18 tahun dan keluarga yang berasal dari suku Badawi yang diatur dalam norma ketat dari generasi ke generasi. Masalah sosial dan budaya dalam film ini sangat relative dengan kehidupan kaum perempuan dalam budaya patriarki di seluruh dunia.

 

Penulis: Rio Pratama

Sumber : IND Times | Instagram Kabar Sejuk

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed