Rayakan Imlek Lintas Iman, Ibu Omie Menjadi Tuan Rumah

Uncategorized101 Views

Kabar Damai | 1 Februari 2023

Jakarta | kabardamai.id I Ibu Ommie Istri Nurcholis Majid kembali menjadi tuan rumah perayaan Imlek lintas iman di kediamannya di Jakarta Selatan pada Sabtu (28/01/2023) siang.

Acara ini menjadi ramah tamah kerabat dan sahabat Nurcholis Majid yang masih dilanjutkan oleh Ibu Ommie. Sebelumnya kediaman ibu Ommie juga menjadi tuan rumah perayaan Natal pada Desember 2022 lalu.

Seperti Natal kemarin, perayaan imlek diinisiasi dari para sahabat dan kerabat Cak Nur dalam mengenang dan mengingat seorang pemikir islam penuh semangat plural. Secara kolektif, para sahabat saling meramaikan imlek dengan berbagai makanan yang dibawa dari rumah masing-masing.

Ibu Omie menyampaikan pesan mendalam yang diingatnya dari sang suami juga juga tokoh bangsa.

“Saya teringat pesan Cak Nur, Agama itu sumber persatuan bangsa, persatuan bisa terwujud jika ada sikap saling menghargai satu sama lain dengan tulus,” ujarnya.

Lebih lanjut ibu Omie berharap silaturrahmi yang dibangun oleh para sahabat dapat ditularkan di berbagai tempat lainnya sebagai bentuk persatuan dalam toleransi. Karena persatuan dapat membawa kemajuan bangsa.

“Silaturrahmi kita di sini semoga bisa dapat disebarluaskan di berbagai tempat sebagai bentuk persatuan yang akan membawa kita pada kemajuan bangsa di tengah kemajemukan,” lanjutnya.

Terakhir ibu Omie mengucapkan selamat Hari Raya Imlek, ia mendoakan semoga setiap dari kita mendapatkan rahmat dari Tuhan YME.

“Saya mengucapkan selamat Hari Raya Imlek, mudah-mudahan kita semua mendapatkan rahmat dari Tuhan,’ ucapnya.

Menjaga Kebersamaan

Berlokasi tepat di center kota Jakarta Selatan, rumah ibu Omie seringkali menjadi tempat berkumpulnya para sahabat dan kerabat. Rumah ibu Omie terbuka bagi siapa saja.

Hal ini dipertegas oleh Ahmad Gaus, selaku ketua panitia Imlek. Gaus menyampaikan rasa terima kasih kepada ibu Omie, ia bercerita rumah ibu Omie selalu terbuka untuk kegiatan apapun yang diadakannya bersama teman-teman lainnya.

Baca juga: Usul Negara Terbitkan Buku Nikah Beda Agama, Hakim Konstitusi Daniel: Negara Harus Hadir

“Saya mewakili dari teman-teman dari lintas agama, mengucapkan terima kasih kepada ibu Ommie yang sudah menjadi tuan rumah, ia menyampaikan, ibu Omie selalu berkenan rumahnya digunakan dalam berbagai acara dan kesempatan. Kita doakan mudah-mudahan ibu Omie selalu sehat dan bahagia,” Ujarnya.

Gaus juga mengenang Cak Nur sebagai tokoh bangsa, Negara dan pemikir Islam yang besar hingga hari ini.

“Di rumah ini pernah tinggal tokoh yang berjasa bagi bangsa dan Negara, Cak Nur, beliau bersama dengan Gusdur, Djohan Efendi, melanjutkan perjuangan kebangsaan dari the Founding Father,” Jelasnya.

Tampak hadir Gus Ulil, Azmi Abu Bakar, Candra Budianto, Pamela, Ketua Aisyiyah, Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia, dan banyak lainnya yang juga meramaikan perayaan Imlek.

Imlek atau dikenal juga Sin Cia adalah perayaan tahun baru dalam penanggalan Cina. Dalam perayaannya, imlek disebut juga tradisi berkumpul dengan keluarga, kerabat dan sahabat, berkesempatan bercengkrama dengan kerabat yang jauh.

 

Penulis: Nunun

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *