by

Rayakan Hari Remaja Internasional 2021 dengan Berani Bersuara Memperjuangkan Hak Bersama

Kabar Damai I Jumat, 13 Agustus 2021

Jakarta I kabardamai.id I Hari Remaja Internasional 2021 menjadi salah satu hari khusus untuk seluruh remaja di dunia. Diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1998, Hari Remaja Internasional diperingati pada tanggal 12 Agustus setiap tahunnya.

Ada banyak cara untuk merayakan Hari Remaja Internasional, salah satunya dengan melakukan kegiatan seru bersama teman-temanmu. Masih dalam situasi pandemi Covid-19, merayakan Hari Remaja Internasional bisa kita lakukan secara virtual.

Meskipun dirayakan secara virtual, ada beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan. Bukan sekedar perayaan karena kegiatan ini dapat menambah keterampilan sosial dan kecerdasan intelektual, lho.

Terpenting dalam perayaan ini ialah tetap berkontribusi pada remaja lainnya. Ingat berbagai cara untuk menyebarkan pesan secara efektif. Buat perayaan Hari Remaja Internasional ini menjadi menyenangkan dengan menyebarkan pesan positif menggunakan semua saluran media, baik cetak maupun digital.

Mengutip United Nations, berikut cara seru merayakan Hari Remaja Internasional 2021.

Acara radio pendidikan bisa kita lakukan. para remaja milenial dapat menghubungi stasiun radio lokal/nasional populer untuk meminta slot berdiskusi dengan individu dan pemuda lain agar isu remaja terkini terangkat di permukaan.  Selain itu, pertemuan atau debat publik dalam ruang virtual untuk membahas kontribusi kaum muda terhadap isu-isu global menjadi salah satu kegiatan yang bermanfaat.

Memulai diskusi di antara orang dewasa dan remaja untuk mempromosikan pemahaman antargenerasi dan menyelenggarakan forum pemuda untuk bertukar pikiran dengan topik latar belakang budaya guna membantu kaum muda menerima orang lain bisa kita lakukan.

Baca Juga: Hari Remaja Internasional 2021: Seruan Ciptakan Inovasi Pangan

Sebagai remaja, kita bisa mengenalkan pada publik tentang budaya non-kekerasan agar semua lapis masyarakat semakin sadar dan peduli.  Bahkan, membuat titik info tentang isu-isu terkait pemuda di pusat kota atau desa, di sekolah menengah, atau di pusat universitas bisa menjadi cara kita sebagai remaja untuk bersuara.

Untuk kegiatan menyenangkan yang sifatnya hiburan, kita bisa menyelenggarakan konser virtual untuk mempromosikan Hari Pemuda Internasional 2021. Undang musisi lokal untuk meramaikan acara. Kita bisa menggabungkan konser ini dengan diskusi panel lho. Bukan hanya musisi lokal saja, kita bisa mengundang politisi atau pembuat kebijakan untuk mengadakan keynote speech.

Kegiatan hiburan lainnya yang bisa kita lakukan untuk menyuarakan sebuah isu ialah menyelenggarakan pameran. Dapatkan izin untuk menggunakan ruang publik untuk pameran seni, ang menampilkan tantangan anak muda saat ini.

Dalam pameran tersebut, kita juga bisa mengangkat isu bagaimana anak muda berkontribusi pada pembangunan. Coba libatkan anak muda dalam ranah budaya, seni dan musik untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu terkait anak muda.

Terakhir, kita bisa menulis surat kepada Menteri Pemuda dan Olahraga untuk memberitahunya tentang tantangan yang dihadapi kaum muda dalam kehidupan sehari-hari mereka dan untuk menyarankan solusi.

Di usia remaja, latih diri untuk selalu up to date dengan isu-isu terkini, Sebab, suaramu sangat berguna bagi siapa saja yang membutuhkan.

Jadi pribadi yang lebih peduli dan peka

Memaknai Hari Remaja Internasional 2021, yuk kita jadi pribadi yang lebih peka dan peduli, Selain fokus pada diri sendiri, kita coba juga untuk bisa fokus dan menaruh perhatian pada sekeliling kita.

Salah satunya adalah peduli dan peka tentang isu-isu di sekitar. Entah itu isu sosial atau isu tentang lingkungan, yang memang sedang hangat dijadikan pembahasan.  Mengasah kepekaan sosial membantu kita untuk jadi pribadi yang lebih peduli lagi. Dengan jadi pribadi yang peduli dan peka, kita pun jadi semakin semangat dan menumbuhkan keinginan untuk membuat suatu perubahan.

Menjadi diri sendiri

Yup! Hari Remaja Internasional 2021 juga bisa kita maknai dengan menanamkan rasa percaya diri dan selalu berusaha menjadi diri sendiri. Stop untuk membandingkan diri kita dengan orang lain, ya. Hal itu hanya akan melelahkan dan membuat kita sulit untuk maju.

Berhenti memikirkan kekurangan dan mulailah menggali potensi dalam diri kita. Lebih baik kita mulai untuk percaya diri dan menjadi diri sendiri. Dengan begitu, kita pun jadi pribadi yang lebih bermanfaat dan mudah untuk melangkah serta membuat suatu yang berdampak baik bagi sekitar.

Lebih berani 

Kita bisa turut ambil bagian merayakan Hari Remaja Internasional dengan jadi pribadi yang lebih berani. Berani untuk berbagai macam aspek.  Mulai dari berani mencoba sesuatu yang baru, berani untuk memulai, juga berani untuk menerima kegagalan. Selain itu yang juga enggak kalah penting adalah berani untuk mengambil keputusan dan menyuarakan pendapat alias jadi sosok yang vokal.

Gali potensi diri dan Berperan aktif

Terakhir, selaras dengan poin-poin sebelumnya, jangan lupa untuk terus menggali potensi diri dan berperan aktif. Dengan terus menggali potensi dalam diri, kita pun perlahan-lahan semakin mudah untuk berkompromi dengan diri sendiri dan menerima kondisi diri.

Hal itu juga membantu kita semakin mudah mencari solusi atas sebuah tantangan, dan tentunya jadi pribadi yang berpestasi. Membawa semangat peringatan Hari Remaja Internasional, kita pun diharapkan untuk menjadi remaja yang lebih aktif dan mau ambil peran bagi sekeliling kita, ya. Jangan malu dan ragu untuk ambil bagian dalam masyarakat. Ingat, sesuatu yang besar bermula dari hal yang kecil.

Berani bersuara akan ketidakseimbangan ekosistem atau segala sesuatu yang merusak kehidupan adalah langkah awal untuk memperjuangkan hak bersama. Selamat Hari Remaja Internasional !

Penulis: Ai Siti Rahayu

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed