Disambut Pasukan Bregodo Wirobayan, PKPLA Kota Yogyakarta-Magelang Resmi Dibuka

Kabar Utama162 Views

Kabar Damai | Rabu, 09 Agustus 2023

Yogyakarta | Kabardamai.id | Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Lintas Agama Angkatan (PKPLA) 5 di Kota Yogyakarta dan Magelang resmi dibuka pada Rabu, 9 Agustus 2023. Kegiatan pembukaan ini diawali dengan penyambutan dari  Pasukan Bregodo Wirobayan Jeblog Tirtonirmolo kepada 30 peserta PKPLA dari ragam latar belakang daerah dan agama di Indonesia.

Bregodo sendiri adalah pasukan prajurit Kraton yang sering mengiringi dan mengawal arak-arakan acara yang digelar Kraton. Sementara itu Bregodo Rakyat adalah prajurit-prajurit rakyat di luar Kraton. Sejumlah daerah dan kampung di Bantul memang memiliki prajurit rakyat yang bertindak seperti prajurit Kraton di sejumlah acara yang digelar secara lokal di daerah masing-masing. Mereka pun mengunakan gaya, pakaian hingga aksesoris prajurit Kraton. Salah satunya adalah Bregodo Wirobayan yang ada di Kampung Jeblog dengan berbagai prestasi yang telah diraih.

Maria Theresia atau biasa dipanggil Ninis, mitra lokal PKPLA sekaligus pemilik Rumah Jawa Apik mengungkapkan rasa terharu akan semangat bapak ibu pasukan Bergodo Wiroboyan dalam menyambut peserta PKPLA, “Saya berharap peserta tidak kalah semangat. Ini memberikan inspirasi untuk semangat membangun bangsa ini,” tutur Ninis, Rabu (09/08/2023).

Mumtazul Fuadi Nasution, mitra lokal dan koordiator lapangan program PKPLA juga berharap acara ini dapat membangun pemuda untuk kemajuan Indonesia.

Baca Juga: ICRP Menghelat Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Lintas Agama (PKPLA) di Yogyakarta dan Magelang

Sejalan dengan itu, Linda Desyana Koswara, Manager Program ICRP kemudian menerangkan bahwa PKPLA sendiri adalah kegiatan yang sudah kelima dilaksanakan. Sebelumnya sudah dilaksanakan tiga kali secara daring selama setahun.

“PKPLA adalah strategi lintas iman yang berusaha untuk melebarkan sayap bukan hanya diisu keberagaman. Keberagaman hanya menjadi pondasi awal untuk menanggulangi isu dan permasalahan sosial di masyarakat,” terang Linda.

Linda juga berharap peserta juga bisa mempraktikan secara langsung apa yang di pelajari dan selamat mengikuti pelatihan. Semoga semangat tidak hanya terjaga tetapi juga bertumbuh. Diharapkan apa yang di dapat selama kegiatan, tidak hanya berhenti disini, tapi diharapkan peserta bisa menginisiasi program di daerah dan komunitas peserta masing-masing.

AKBP Tri Novi, mewakili Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta juga menyambut baik kegiatan ini. Karena dengan PKPLA, kita sama dengan mengajak generasi muda belajar  kepemimpinanan, dan yakin bahwa Pancasila sangat penting untuk Indonesia.

“Orang Muda harus yakin dan dengan lantang mengatakan Pancasila sebagai dasar negara, falsasah bangsa, pondasi negara. Tugas anak muda adalah menjadikan rumah kita tetap berdiri kokoh dan berdiri teguh, jangan sampai Pancasila ini dirongrong dan akhirnya merusak kesatuan negara kita,” pungkas Tri Novi.

Dihadiri oleh tokoh lintas iman dan penggerak perdamaian di Yogyakarta, kegiatan PKPLA resmi dibuka secara simbolik dengan melukis oleh AKBP Tri Novi dan Romo Johannes Hariyanto, pendiri ICRP. Kegiatan PKPLA sendiri akan diselenggarakan dari 9-11 Agustus 2023.

 

Penulis: Ai Siti Rahayu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *