by

Pesan Persaudaraan Musdah Mulia dan Sudhamek Sambut Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih

Kabar Damai I Jumat, 14 Mei 2021

Jakarta I kabardamai.id I Hari Raya Idulfitri 1442 H yang jatuh pada hari ini, Kamis (13/5), bertepatan dengan peringatan kenaikan Isa Almasih. Penetapan hari Lebaran itu sendiri diputuskan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) berdasarkan hasil sidang Isbat penentuan awal Syawal 1442 H.

Sementara itu, peringatan kenaikan Isa Almasih merupakan salah satu hari besar bagi umat Kristiani. Kenaikan Isa Almasih biasanya diperingati pada hari 40 setelah perayaan Paskah.

Momen hari Lebaran dan peringatan kenaikan Isa Almasih ini terbilang langka. Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian serupa tercatat pernah terjadi pada tahun 1727 silam dan baru akan terulang lagi pada tahun 2248 atau 200 tahun mendatang.

Dua hari besar keagamaan berlangsung bersamaan pada 13 Mei 2021. Di tanggal tersebut, terdapat perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah dan peringatan Kenaikan Isa Almasih.

Sejumlah tokoh pendiri Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) yaitu Sudhamek AWS, Chaiman Garudafood, dan Musdah Mulia Founder Yayasan Mulia Raya menyebut momentum perayaan Idul Fitri yang bersamaan dengan peringatan Kenaikan Isa Almasih merupakan sesuatu yang istimewa dan langka.

“Perayaan Idul Fitri tahun ini bersamaan dengan Hari Kenaikan Isa Almasih seharusnya  membuat manusia, khususnya kita bangsa Indonesia lebih memperkuat persatuan dan lebih menghayati kebhinekaan, demi terwujudnya perdamaian dan peradaban yang maju di Indonesia,” ujar Musdah menitipkan salam kepada masyarakat melalui ICRP, Kamis (13/5/2021).

“Semoga damai menyelimuti semua manusia, bahkan juga semua makhluk di alam semesta. Aamiin,” harap Musdah.

Baca Juga: Musdah Mulia: Dengan Zakat, Islam Hilangkan Hierarki dan Kasta

Musdah juga menambahkan, dalam momentum yang istimewa ini, kepada seluruh umat muslim dia mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

Setelah sebulan penuh kita berpuasa, semoga manusia bisa kembali fitrah, dan menjadi manusia yang lebih baik lagi ke depan. Dan selamat juga untuk umat Kristiani yang memperingati Hari Kenaikan Isa Almasih, semoga damai dan kesejahteraan selalu mengiringi Langkah.

Selain Musdah, Sudhamek juga berbagi pesannya di hari yang luar biasa tersebut, dia mengungkapkan bahwa perbedaan itu merupakan suatu hal yang indah.

“Latar belakang  etnis,  agama,  suku dan lain-lain memang melahirkan banyak perbedaan namun esensi semua manusia sesungguhnya sama, yaitu terdiri dari tubuh (body) dan pikiran (mind). Semua perbedaan itu hanya ciptaan persepsi kita. Padahal persepsi itu penuh tipuan. Jadi, berangkatlah dari persamaan,  jangan perbedaan. Kecuali kita sudah bisa melihat bahwa perbedaan itu indah.”

“Selamat merayakan bersama hari Raya Idul Fitri dan Kenaikan Isa Al-Masih,” ucap Sudhamek.

Selain sejumlah tokoh tersebut, pemuda lintas iman yang pernah mengikuti kegiatan Peace Train Indonesia ke-12 juga menyampaikan pesan-pesan damainya melalui ICRP.

“Hari ini bertepatan dengan dua momen besar bagi umat di Indonesia. Dimana umat islam merayakan Idulfitri. Sedangkan umat Katolik merayakan kenaikan Yesus Kristus. Momen ini sangat istimewa sekali. Jarang terjadi. Oleh sebab itu di momen istimewa ini, bisa menjadi pengingat. Tentang pentingnya menjaga toleransi beragama. kita harus terus memupuk persaudaraan ini. Agar bisa hidup berdampingan selalu,” pesan Andre Bakhtiar pemuda muslim asal Surabaya.

Bekaitan dengan momentum langka ini, seyogianya kita semua tersadar bahwa Yang Maha Kasih menghadirkan manusia di marcapada sama sekali bukan untuk saling bermusuhan, saling membenci, saling menghujat, saling memfitnah, saling menyengsarakan apalagi saling membinasakan.

Kebersamaan hari raya Idul Fitri dengan hari raya Kenaikan Isa Almasih pada hari yang sama merupakan perkenan kehendak Yang Maha Kasih menyadarkan umat manusia untuk senantiasa saling bersaudara, saling mengasihi, saling membantu demi saling menyejahterakan selaras nurani Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

 

Selamat merayakan bersama hari Raya Idul Fitri dan Kenaikan Isa Al-Masih

Penulis: Ai Siti Rahayu

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed