by

Peran Penting Penyuluh Sosial Dalam Mengedukasi Masyarakat Menangkal Isu Hoax

Kabar Damai I Rabu, 30 Juni 2021

Karo I Kabardamai.id I. Komisi VIII terus mendukung kebijakan Menteri Sosial Tri Rismaharini khususnya dalam meningkatkan kemandirian kelompok penerima manfaat. Di era digital, masyarakat menerima banyak informasi namun tidak semua bisa dipertanggungjawabkan kebenarannnya.

“Penyuluhan sosial bisa menyisipkan edukasi kepada masyarakat untuk bijak menggunakan informasi agar tidak terjebak hoaks,” kata Rudi belum lama ini.

Ia menekankan, derasnya informasi berbasis digital juga menjadi medium berkembangnya paham radikal yang membahayakan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Rudi yakin para penyuluh sosial bisa berperan aktif dalam ikut melindungi masyarakat dari berbagai informasi yang menyesatkan.

“Saya yakin Kementerian Sosial melalui penyuluh sosial bisa mengedukasi masyarakat mendapatkan Informasi yang sesuai dan bermanfaat, Agar mereka tidak hanya paham namun juga bisa terlibat aktif mendukung program pemerintah termasuk dalam penanganan stunting yang sedang menjadi fokus kita bersama,” katanya.

Baca Juga: Mencegah Paparan Hoax dengan Tabayyun Masa Kini

Rudi hadir dalam kegiatan Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI dalam rangka Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Pencegahan Resiko dan Dampak Stunting bagi Anak Demi Kesejahteraan Keluarga”. Kegiatan diselenggarakan oleh Pusat Penyuluhan Sosial, Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial (BP3S) di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Rudi juga mengapresiasi program Atensi khususnya yang memberikan penguatan ekonomi kepada penyandang disabilitas. Rudi memuji langkah Mensos Risma yang mendorong inovasi dalam memperkuat kemandirian penyandang disabilitas.

Misalnya, dengan memberikan motor roda tiga kepada seorang penyandang disabilitas menggantikan sepeda ontel. “Dengan begitu ia bisa lebih lincah bergerak dan menjangkau pembeli lebih luas,” katanya.

“Bantuan Atensi dari Kemensos telah meningkatkan produktifitas penerima manfaat” katanya. Komisi VIII siap dan akan terus mendukung program penguatan dan kemandirian penyandang disabilitas dari Kementerian Sosial.

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara Ardo Mulia Sitompul menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemensos dan Komisi VIII DPR. Berbagai program Kemensos berdampak positif dan nyata bagi masyarakat Sumatera Utara.

 

Penulis: Rio Pratama

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed