by

Pentingnya Pengenalan Anti Korupsi Untuk Anak Usia Dini

Kabar Damai I Rabu, 16 Juni 2021

Jakarta I Kabardamai.id I Mengenalkan sikap anti korupsi sejatinya harus dilakukan kepada siapa saja, termasuk anak-anak. Hal tersebut turut dilakukan oleh Syahnaz Soehartono, presenter di beberapa televisi dan juga mom influencer yang mendukung pemberantasan korupsi hingga kini. Melalui program Ngobras dalam official akun instagram @sahabaticw, ia bercerita bagaimana pentingnya pengenalan anti korupsi untuk anak usia dini. Senin, (14/6/2021).

Ditanya soal apa korupsi menurutnya, Syahnaz mengaku bahwa korupsi sangatlah luas. Namun pada intinya, semua menjurus pada sifat yang tidak baik.

“Korupsi itu satu sifat manusia yang tidak mengarah pada moral yang baik, bisa berupa penyalahgunaan uang, waktu, kejujuran, kesempatan dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

Syahnas menyatakan  bahwa selama masih ada manusia, pasti korupsi akan terus ada. Namun, menurutnya korupsi harus dilawan agar tidak senantiasa menjamur dengan kasus yang lebih besar.

Sebagai orang tua, ia menyadari bahwa apa yang anak-anak lihat itu yang akan ia lakukan. Oleh karenanya, ia senantiasa menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga agar melakukan hal-hal yang baik agar dapat dicontoh yang baiknya pula oleh sang buah hati.

Sejak lama bahkan sebelum memiliki anak, Syahnaz yang kini juga sangat aktif menentang korupsi di Indonesia memiliki keyakinan bahwa sangat tidak dibenarkan memberi makan dan kebutuhan anak dari hasil korupsi, hal ini karena doa yang diberikan kepadanya anak dari hasil yang tercela maka akan berpengaruh pula pada akhlak anak yang buruk.

Baca Juga: Tata Khoiriyah: Ini Tentang Masa Depan Pemberantaan Korupsi di Indonesia

“Apapun itu, yang aku terima sejauh ini adalah hasil jerih payah aku sendiri. Tidak ada main belakang atau sesuatu yang benar-benar bisa dipertanyakan. Dari situ, mudah-mudahan dari doa yang aku berikan kepada anak ku akan membuat ia menjadi manusia yang akhlaknya penuh,” tambahnya.

Menanamkan pemahaman anti korupsi baginya adalah hal yang sangat penting. “Menurut aku penting banget, aku percaya bahwa anti korupsi itu landasan dari apapun yang akan dia lakukan kedepan. Mau dia jadi seniman, dokter, atau arsitek. Intinya anti korupsi benar-benar aku tanamkan dan semuanya dimulai dari keluarga dan dimulai dari usia sedini mungkin,” terangnya.

Ditanya apakah penting pemerintah memberikan materi anti korupsi pada jenjang sekolah sehingga nilai-nilai anti korupsi semakin dini dikenal anak-anak, Syahnaz menyatakan itu hal yang sangat penting. Namun menurutnya  tidak hanya ditangan pemerintah, itu semua harusnya menjadi tanggungjawab bersama.

“Menurut aku penting banget, tapi aku juga merasa ini menjadi tanggung jawab kita bersama karena anti korupsi ini penting masuk dalam semua lini, jadi selain pemerintah, kita bersama untuk mengingatkan satu sama lain agar tidak melakukan hal tercela itu,” bebernya.

Sebagai mom influencer pula, Syahaz membenarkan bahwa perkembangan media sosial saat ini dapat diguanakan sebagai sarana pengenalan anti korupsi kepada anak. Oleh karenanya, anak-anak juga seharusnya mengonsumsi informasi yang tepat. Melalui upaya-upaya yang dilakukan, ia yakin bahwa memberikan pemahaman anti korupsi dapat diterima oleh siapa saja, termasuk anak-anak.

Penulis: Rio Pratama

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed