by

Pendidikan Damai pada Anak Usia Dini, Guna Mengimplemtasikan Nilai Toleransi di Masa yang Akan Datang

-Opini-48 views

Oleh: Ika Kurnia Dewi

Dewasa ini, pendidikan menjadi asset yang sangat pentig bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Mengingat arus globalisasi yang kian hari semakin melaju pesat keseluruh antera bumi. Mulai dari melesatnya laju tekhnologi dan perkembagan dunia digital yang menjadi semakin modern.

Sehingga banyak berpengaruh pada perkembangan dunia pendidikan. Apalagi pada kondisi sepeti sekarang ini, selain pendidikan tatap muka disekolah tak perlu dielakkan lagi hal yang mengharuskan para peserta didik ataupun pendidik harus memanfaakan digital untuk kelangsungan proses belajar mengajar di era New Normal.

Apalagi pada anak usia dini yang baru saja terjun pada dunia belajar dan masih dalam tahap pengenalan berbagai dasar-dasar ilmu penegtahuan, di era sekarang memang sangat mudah mengakses apa saja yang dibutuhkan, selama masih dalam taraf pendidikan. akan tetapi ada satu hal yang perlu ditekankan dan diperhatikan yaitu tentang toleransi dan pendidikan damai agama.

Toleransi di negara kita ini jika dilihat secara menyeluruh, arti kata tersebut hanyalah kiasan saja, bahkan dianggap tidak memiliki makna yang dalam dan kebanyakan masyarakat tidak perduli.

Baca Juga: Mobilitas Teknologi: Sarana Pendidikan Damai dengan Dialog Antar Agama

Bagi mereka yang belum mengenal, mempelajari dan mengerti arti toleransi yang sebenarnya, mereka tidak segan mengolok-olok bahkan mendiskriminasi apabila mereka melihat sesuatu yang tidak sama dengan mereka.

Contohnya diskriminasi pada saudara kita di Papua misalnya yang bisa kita lihat.

Maka dari itu penting sekali untuk menanamkan nilai-nilai toleransi sejak dini pada anak-anak. Hal tersebut bisa dilakuakan dengan memulainya dengan hal kecil yang dapat dilakukan oleh orang tua dirumah, seperti memberi pengertian tentang perbedaan yang ada di sekitarnya, memutarkan kartun yang terdapat unsur toleransi dan masih banyak hal lain yang menyenagkan untuk anak untuk belajar dan mengenal arti toleransi.

Kemudian bisa dilakukan disekolah oleh guru dan para pendidik. Hal ini menjadi hal yang krusial dan peer untuk orang tua dan guru untuk mengajarkan toleransi terutama dalam urusan agama. Agar generasi yang akan mendatang dapat mendapatkan arti toleransi yang sesungguhnya dan dapat mengaplikasikannya dalam setiap langkah kehidupan.

Pendidikan damai untuk anak usia dini di era sekarang ini memang sangat penting. Akan tetapi hal ini masih sangat kurang perhatian dikalangan dunia pendidikan. mereka hanya menyelipkan sdikit pelajaran mengenai toleransi pada pelajaran mereka. Padahal hal tersebut salah satu factor membentuk karakter anak untuk berinteraksi pada hal-hal yang menurut mereka berbeda.

Maka dari itu hal ini menjadi tuga kita untuk menjadikan pendidikan damai agama dan menyampaikan pada peserta didik terutama anak usia dini tentang pentingnya toleransi antar sesama.

 

Ika Kurnia Dewi, Mahasiswi Prodi Studi Agama-Agama UIN Sunan Ampel Surabaya

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed