by

Pemuda Potensi Bagi Negara

Oleh: Putu Eka Dharma Yanti

Sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi akar bangsa Indonesia di masa mendatang harus dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional dengan memiliki 3 modal dasar yang membuat ia mampu disebut sebagai agent of change (agen perubahan) dan agent of social control (agen pengawas sosial) yaitu kekuatan moralnya dalam berjuang karena pada intinya apa yang dibuat adalah semata–mata berlandaskan pada gerakan moral yang menjadi idealismenya dalam berjuang.

Pemuda merupakan suatu potensi bagi negara sebagai armada dalam kemajuan bangsa. Peran pemuda sangat penting dalam mengisi pembangunan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa. Saat era globalisasi seperti sekarang peran mahasiswa sangat berpengaruh terhadap bangsa.

Baik dalam lingkup ilmu pengetahuan, etika, para mahasiswa yang akan merubah status suatu bangsa, karena mahasiswa merupakan sosok insan akademis yang sedang menjalankan aktifitas pendidikan yang terbilang tingkatannya yang paling tinggi.

Baca Juga: Cerita Hendra, Pemuda Kalbar dalam Temu Pemuda Lintas

Pemuda Harus mengingatkan kembali peran penting kaum pemuda dalam menggagas konsep kesatuan tanah air, bangsa, dan bahasa. Harapannya agar masyarakat khususnya kaum pemuda saat ini menyadari potensi dan mengenal jati diri dalam mewujudkan Indonesia yang berlandaskan pancasila. 

Pemuda bukan hanya sekedar perayaan, akan tetapi juga sebagai sistem kontrol yang memecut dan menuntut pertanggungjawaban dari seluruh masyarakat Indonesia khususnya pemuda dalam mempertahankan pencapaian-pencapaian para pendiri bangsa.

Berbeda dengan gambaran pemuda Indonesia yang tertulis dalam sejarah. Memasuki era perkembangan teknologi pemuda Indonesia mengalami perubahan karakter dan sikap yang sangat signifikan. Perubahan tersebut tentu saja dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya perkembangan teknologi informasi global yang memungkinkan terjadinya percampuran budaya, khususnya budaya barat. Hal tersebut terjadi karena keunggulan teknologi umumnya dimiliki oleh Negara-negara barat.

Putu Eka Dharma Yanti, Pemuda Hindu dan Peserta Sekolah Kepemiminan Pemuda Lintas Agama

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed