by

Pemkot Pontianak Izinkan Masyarakat Sholat Tarawih di Masjid Asal Terapkan Prokes

Kabar Damai | Minggu, 11 April 2021

Pontianak I Kabardamai.id I Salah satu ibadah yang paling ditunggu bagi umat muslim ketika Ramadhan ialah melaksanakan sholat tarawih.

Ibadah yang hanya dapat dilaksanakan saat Bulan Ramadan ini selalu dirindukan banyak orang khususnya di Pontianak karena tidak dapat dilaksanakan setiap waktu sehingga semua orang berlomba-lomba dalam melaksanakannya.

Dilansir dari pontianakkota.go.id, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono selaku Ketua SATGAS Covid-19 Kota Pontianak memperbolehkan masyarakat untuk melaksanakan ibadah sholat tarawih di masjid. Asalkan menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

“Untuk ibadah sholat tarawih di masjid kita izinkan dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya, Selasa, (6/4/2021).

Baca Juga : Pasar Juadah Diharapkan jadi Faktor Perputaran Ekonomi Saat Ramadhan

Ia juga menambahkan bahwa rantai penularan Covid-19 di Kota Pontianak berada di angka lima persen sehingga perlu kewaspadaan dan kedisiplinan masyarakat dalam penerapan prokes.

“Untuk itu kita imbau dalam melaksanakan salat tarawih berjamaah, tetap mejaga jarak dan tidak terlampau berdesakan,” tambahnya.

Guna mencegah kluster baru, Edi berharap agar ibadah di masjid dapat dipercepat dan bagi yang kurang sehat lebih baik beribadah di rumah saja.
“Kita sarankan ibadahnya lebih baik dipersingkat sehingga tidak terlampau lama berkerumun di dalam masjid. Kalau merasa badan kurang fit, sebaiknya beribadah di rumah saja,” pesannya.

Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri
Seiring dengan masih tingginya penyebaran Covid-19, Kementrian Agama Republik Indonesia telah mengeluarkan Surat Edaran No. 03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021.

Edaran ini disesuaikan dengan kondisi pandemi dan menekankan agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam setiap proses peribadahan.

Penulis: Rio Pratama
Sumber : pontianakkota.go.id I adminku.kemenag.go.id

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed