by

Pembumian Pancasila, BPIP Ajak Millenial Bijak Gunakan Medsos

-Kabar Utama-115 views

Jakarta | kabardamai.id | Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Dr. Rima Agristina, SH.,SE., MM. A mengatakan salah satu cara dalam membumikan Pancasila dalam tindakan adalah dengan bijak menggunakan sosial media (sosmed).

Hal itu disampaikannya dalam Workshop Digital Culture dengan tema “Peran Aktif Purna Paskibraka Indonesia Dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Digital”, Jumat (5/3).

Kegiatan ini dilakukan secara Hybrid Event(luring dan Daring) dengan didukung oleh Narasumber dari artis milenial Tara Budiman, Yossi Project Pop dan Larasati.

“Ini menjadi satu terobosan dan juga berbicara dalam digital literasi dan kak tara dan kak yosi sudah hadir. dan mereka merupakan model kita yang bisa mengangkat konten konten positif”. terang  Rima di Perpustakaan Nasional.

Baca Juga : BNPT: Jangan Ada Lagi Orang Muda Jadi Teroris

Rima, seperti dirilis laman resmi BPIP,  mengungkap Tara Budiman dan Yosi bisa menjadi contoh dalam mengangkat konten konten positif, dan juga dengan menggunakan media sosial dengan berpancasila.

“Jadi kita disini saling sharing aja kemudian untuk mengajak generasi muda menggunakan media sosial dengan bijak dan berpancasila,”jelasnya.

Dalam acara ini, Publik figur Tara Budiman mengaku sangat senang dilibatkan kegiatan BPIP. Tara sangat menyadari bahwa dirinya merupakan sebagai penerus bangsa. hal itu dilakukan guna bisa mengantisipasi penyebaran berita hoax yang sering ditemui di media sosial.

“Di zaman sekarang, dari tahun 2018 kan banyak tuh berita hoax dan banyak sekali pertumpahan sehingga generasi muda sekarang saatnya menyadarkan kembali nilai nilai pancasila sendiri serta sangat senang dengan bisa berkreasi”, pungkas Tara.

Upaya pembumian Pancasila tentu tidak hanya dilakukan oleh BPIP. Sejumlah lembaga (NGO/CSO) juga secara intensif berperan serta. Misalnya Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP).

Lembaga lintas agama yang sudah berkiprah selama 20 tahun lebih ini dalam upaya pembumian Pancisila dilakukan dengan beragam cara. Dari mulai diskusi, seminar, workshop, pelatihan hingga aksi sosial kemasyarakatan.

Yang sejak awal pa demi Covid-19 adalah dengan berjejaring membentuk Jaringan Lintas Iman Tanggap Covid-19 (JIC), yang secara berkala menerima dan menyalurkan bantuan kemanusiaan. [AN]

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed