by

Peluncuran Laporan “Aku Ingin Lari Jauh”: Ketidakadilan Aturan Berpakaian untuk Perempuan di Indonesia

Kabar Damai I Rabu, 17 Maret 2021

 

Laporan “Aku Ingin Lari Jauh”: Ketidakadilan Aturan Berpakaian untuk Perempuan di Indonesia akan diluncurkan Kamis besok, 18 Maret pukul 10-11.15 WIB secara online. Laporan terbit dua bahasa. Versi Inggris isi total 98 halaman. Versi Indonesia, 120 halaman.

“Aku Ingin Lari Jauh” atau ”I Wanted to Run Away”: Abusive Dress Codes for Women and Girls in Indonesia menyoroti aturan yang mewajibkan perempuan dan anak perempuan memakai jilbab di sekolah, di kalangan pegawai negeri, dan di kantor pemerintah. Laporan ini juga merekam kasus remaja dan perempuan yang mengalami body dysmorphic disorder, sebuah gangguan psikologis dengan perasaan merasa kurang pada penampilan diri, setelah perundungan dan intimidasi terus-menerus. Peraturan-peraturan tersebut merupakan serangan terhadap hak dasar kebebasan beragama, berekspresi, dan privasi, serta kemampuan perempuan untuk memperoleh pendidikan, pekerjaan, dan jaminan sosial.

Baca juga: Mengapa Pelanggaran HAM Terjadi?

Pada Februari 2021, pemerintah Indonesia mengeluarkan surat keputusan bersama tiga menteri yang melarang aturan wajib jilbab di sekolah negeri. Laporan ini mendesak pemerintah Indonesia untuk sepenuhnya menegakkan keputusan tersebut dan membuat undang-undang guna mencabut semua peraturan diskriminatif terhadap perempuan.

Pertemuan pers oleh Elaine Pearson dari Human Rights Watch, Alissa Wahid dari GUSDURian Network dan Ifa Hanifah Misbach (psikolog Bandung). Silahkan daftar bila tertarik ikutan pertemuan pers. Terima kasih https://hrworg.zoom.us/webinar/register/WN_1hL72M5-RwWtF1bNVOTx8A

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed