by

Peduli Minoritas ICRP Salurkan Bantuan Pada Komunitas LGBT NTT

Kabar Damai  | Selasa, 04 Mei 2021

Jakarta I Kabardamai.id I Kontribusi dalam membantu saudara se-tanah air tak terbatas gender dan  peduli  minoritas dilakukan Indonesian Conference on Religion And Peace (ICRP). Dengan memberikan donasi terhadap komunitas LGBT, Independent Man Of Flambora (IMOF) di Kupang, Nusa Tenggara Timur  korban bencana akibat Siklon Tropis Seroja.

Ridho R Herewila,  ketua dan koordinator umum IMOF NTT menerangkan tentang profil IMOF. IMOF merupakan komunitas yang berdiri atas dasar kebutuhan teman teman Gay, atau Man Sex With Man (MSM), dimana pada  awalnya  sebagai wadah untuk sharing dan kekeluargaan, ruang aman antara teman teman Gay. Seiring berjalan waktu, IMOF menjadi organisasi koordinator bagi seluruh komunitas LGBT di NTT.

“Donasi dari ICRP  tersebut kemarin di salurkan pada seluruh teman teman komunitas LGBT di Kupang NTT yang berdampak, sebenarnya kami memang open donasi dan bersamaan itu ICRP membantu kami juga,” ujar Ridho saat diwawancarai via whatsapp, Senin, (3/5/2021).

Ridho mengungkapkan, pada dasarnya tidak semua masyarakat umum terdampak bencana di NTT kemarin terdata dan terkamodir dari sentuhan pemerintah. Tentu saja, kaum minoritas seperti komunitas LGBT, jauh lebih tidak diperhatikan lagi oleh pemerintah.

IMOF sendiri sudah tidak lagi menjadi organisasi keanggotaan, namun lebih ke wadah untuk mengakomodir semua kebutuhan teman-teman LGBT. Hal ini sejalan dengan misi IMOF agar tidak terfokus dengan keanggotaan dan menjadi  ekslusif juga, sehingga dapat mengakibatkan pemikiran untuk tidak membantu teman-teman LGBT diluar komunitas.

Menurut Ridho, IMOF sendiri memiliki banyak kegiatan yang terfokus pada kegiatan sosial dan kemanusiaan.

“Kegiatan edukasi dan informasi juga pendampingan, terus edukasi dan advokasi, Pelatihan workshop buat komunitas dan melibatkan instansi pemerintah dan masyrakat, diskusi group, pendampingan dan advokasi terhadap kesehatan dan layanan menyangkut HIV dan Aids dan terlibat aktif dengan isu-isu hiv dan Aids dgn KPA dan jajarannya, “ terang Ridho yang akrab disapa Idho.

Teman-teman LGBT di NTT yang terdampak bencana juga mengalami penderitaan fisik dan psikis yang hebat. Berdasarkan cerita Ridho, mereka yang terdampak bencana mengalami trauma dan keterpurukan yang berat.

Baca Juga : Yayasan Muslim Sinar Mas Wakafkan Alquran untuk Pemulihan Batin Korban Bencana NTT

Karena itu Ridho berharap, pemerintah lebih bisa cepat merespon dan lebih inklusif terhadap pencegahan dan penanganan bencana. Beruntung dari jaringan nasional cepat tanggap,setidaknya bagaimana mereka cepat merespon dengan iklas membuat kaum LGBT tidak terlalu terpuruk.

“Setelah bencana ini kami mau tidak mau kan kita harus bangkit, walau belom semua pulih dari trauma bahkan keterpurukan akibat kerusakan yang di alami, terimakasih terhadap semua pihak yang mau membantu dan masih peduli terhadap kami,” pungkas Ridho.

Donasi terhadap IMOF sendiri telah disalurkan melalui ICRP pada 23 April 2021. Jumlah dana bantuan yang disalurkan sebanyak 30.000.000 rupiah. Dengan penyaluran dana bantuan ini ICRP berharap dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penerima, sekaligus sebagai bentuk kepedulian terhadap kaum minoritas yang juga terdampak bencana.

Selain itu, saat ini ICRP tengah mengumpulkan beragam kitab suci untuk pula disalurkan ke korban bencana di sejumlah daerah di Indonesia. Yang sudah adalah 500 Alquran dari  Yayasan Muslim Sinar Mas, 500 Alkitab dan Kapten Budi Soehardi, dan 50 kitab Damaphada dari Sangha Theravada Indonesia.

 

Penulis: Ai Siti Rahayu

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed