NFT untuk Bantu Pemberdayaan Petani Perempuan

Kabar Puan106 Views

Kabar Damai I Rabu, 29 Desember 2021

Jakarta I kabardamai.id I Investasi melalui kripto yang menggunakan teknologi blockchain saat ini sedang naik daun.

Salah satunya yang saat ini sedang digandrungi adalah NFT atau yang lebih dikenal Non-Fungible Token.

Ternyata NFT disebut juga menciptakan dampak sosial positif bagi kemajuan para petani Indonesia berbentuk Meta Forest Society (MFS).

Meta Forest bekerja sama program Perempuan Tani Harapan Rakyat (Pertahara) untuk memajukan pertanian di Indonesia.

Melansir dari Kontan.co.id, Pertahara sendiri merupakan gerakan nasional pemberdayaan perempuan yang bertujuan menangani masalah kemiskinan, meningkatkan ekonomi petani dan meningkatkan peran perempuan dalam pertanian Indonesia.

Melalui kerjasama ini, Pertahara berharap petani perempuan dapat diberdayakan dengan lebih optimal.

Pasalnya Meta Forest dibuat untuk membantu perubahan sistemik di kalangan petani.

Sementara untuk proyeksi jangka panjang, Meta Forest bertujuan untuk membantu menciptakan perubahan melalui gerakan-gerakan berdampak sosial lainnya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Gender Gap

Lewat Meta Forest, ruang komunitas seperti Pertahara bisa saling mendukung satu sama lain, baik di dunia maya dan dunia nyata.

Tiffany Setiadharma selaku Program Manager Meta Forest menyampaikan keterangan resmi soal kerja sama ini pada Selasa (30/11/2021).

Proyek kerja sama Meta Forest dan Pertahara yang sedang dikerjakan sekarang ditujukan agar bisa mengajak para generasi muda untuk berpartisipasi langsung dalam memberikan dampak positif dan nilai sosial kepada masyarakat, khususnya petani perempuan.

“Kami memahami benar bagaimana para perempuan-perempuan hebat yang tergabung dalam Pertahara berjuang untuk keluarganya. Untuk itulah kami berharap melalui Project Meta Forest ini kami bisa berkontribusi dalam memberdayakan dan membantu mereka, baik dalam konteks agripreneur maupun memberikan dampak positif pada kehidupan sosialnya,” ujar Tiffany mengutip dari Kontan.co.id.

“Project Meta Forest sendiri menjadi ikhtiar kami dalam mengajak komunitas NFT untuk semakin solid dan mampu berkontribusi untuk bidang sosial sehingga komunitas ini bisa berkembang secara berkelanjutan,” tambahnya.

Pengertian dan Cara Kerja NFT

Dalam penjelasan sederhana, NFT merupakan token digital, tidak dapat dipertukarkan namun dapat diperjualbelikan. Hal ini yang membuat NFT cocok digunakan dalam transaksi karya seni digital oleh konsumen biasa maupun kolektor atau disebut sebagai crypto art yang ditunjang oleh Ethereum sebagai platform pendukungnya.

Dalam hal ini, NFT berfungsi sebagai alat verifikasi karya digital untuk transaksi crypto art. Hal ini yang membuat karya yang diperjualbelikan diperlakukan layaknya karya seni berformat fisik.

Jika dilihat pada fungsinya, NFT bisa memiliki ragam project dan asset. Pada industri gaming, terdapat NFT yang diluncurkan khusus game, seperti Axie Infinity, dan lain-lain. Sementara untuk hal kepemilikan, NFT bisa menjadi wadah untuk mempertemukan orang-orang dengan minat yang sama di sebuah komunitas.

Nilai plus pada NFT juga bisa terlihat bagaimana asset ini mampu menjadi jembatan teknologi dengan dunia nyata. Sebab NFT bisa menjadi semakin popular dan bernilai sehingga bisa semakin cepat diterima oleh masyarakat umum. [parapuan/detik/]

Editor: Ai Siti Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *