by

Model Keturunan Palestina-Belanda, Bella Hadid: #FreePalestine

Kabar Damai  | Selasa, 18 Mei 2021

Jakarta | kabardamai.id | Bella Hadid memamerkan aksinya membela Palestina. Dalam sejumlah foto yang diunggah ke media sosialnya, ia tampak ikut dalam aksi yang menyerukan pembebasan Palestina di New York.

“Cara hati saya merasa .. Berada di sekitar banyak orang Palestina yang cantik, cerdas, hormat, penuh kasih, baik dan murah hati ini di satu tempat …” kata Hadid dalam unggahan di media sosialnya, Minggu, 16 Mei 2021.

“Rasanya utuh! Kami adalah orang yang langka!! Palestina merdeka sampai Palestina benar merdeka!!! P.s. Tumpahan Palestina itu nyata #FreePalestine,” lanjut model keturunan Palestina dan Belanda tersebut, kutip CNN Indonesia (16/5).

Diwartakan CNN Indonesia, dalam aksi tersebut, Bella Hadid mengenakan kufiya atau penutup kepala yang biasanya digunakan oleh orang Arab, termasuk di Palestina.

Baca Juga: Ulama Uighur yang Menjadi Imam Salat Jumat, Menghadapi Dakwaan Ekstremisme

Bukan hanya itu, supermodel ini juga mengacungkan kepalannya, membawa bendera Palestina, dan ikut menyemangati peserta aksi yang lain.

“Cahaya akan selalu terang benderang #FreePalestine,” tulis Hadid dalam unggahan di Instagram Story miliknya yang menggambarkan ia mengangkat bendera Palestina yang digabung dengan kufiya.

Dalama unggahan Story lainnya, Bella Hadid juga mengunggah ulang pembahasan mengenai nakba, alias genosida atas sebuah etnis yang dituding dilakukan Israel terhadap masyarakat Palestina.

Aksi menyerukan perlawanan atas agresi Israel terhadap Palestina ini juga dilakukan oleh kakak Bella Hadid, Gigi. Meski tak ikut aksi seperti Bella, Gigi mengunggah ulang sejumlah pendapat yang membahas soal nakba dan agresi yang dikait-kaitkan dengan ‘perang’ antara Yahudi dengan non-Yahudi.

Unggahan itu jadi kelanjutan pendapat Gigi soal aksinya membela Palestina dan menjawab tudingan netizen di kolom komentar miliknya.

Pada akhir pekan lalu, aksi Gigi membela Palestina dituding sebagai aksi anti-Semit bahkan seorang netizen menyebut ia akan tetap berada di Israel tak peduli Gigi dan orang lain berupaya membunuh mereka.

“Saya mengutuk anti-Semit. ‘Saya’ tidak mencoba membunuh dirimu, ataupun ingin melakukan itu. Saya tidak berharap ada kematian lagi baik bagi warga Israel, sama seperti yang saya harapkan untuk warga Palestina,” kata Gigi.

“Apa yang saya inginkan adalah hak yang sama bagi orang Palestina. Ada juga Yahudi Palestina, dan Kristen Palestina, yang mereka juga ada sejak dulu, bersama dengan keluarga muslim Palestina ayah saya ketika dia lahir di Palestina pada 1948. Saya berharap dirimu dalam damai,” lanjut kekasih Zayn Malik itu.

 

5 Aktris Dunia Dukung Palestina

Selain Bella Hadid, Sejumlah selebriti dunia melayangkan protes mereka soal konflik pengusiran warga Palestina. Suara .com menghimpun deretan artis dunia dukung Palestina yang memprotes pengusiran warga Palestina.

 

  1. Dua Lipa

Dua Lipa penyanyi berdara Albania ini juga menuntut agar pemerintah dunia turun tangan menyelesaikan konflik Palestina dan Israel.

“Dunia harus mengintervensi dan menghentikan ini,” tulisnya sembari membubuhkan tagar Save Sheikh Jarrah.

Dia juga memanggil Presiden AS Joe Biden atas dukungannya untuk Israel saat dia bertanya, “Anda mendukung mereka dalam pemusnahan orang dari rumah mereka?” Katanya.

 

  1. Mark Rufallo

Aktor Mark Rufallo menunjukkan dukungannya kepada Palestina dengan me-retweet cuitan dari aktivisi Malala Yosafzai.

“Kekerasan di Yerusalem – terutama terhadap Anak-anak sangat tak tertahankan. Konflik berkepanjangan ini telah mengorbankan hidup dan masa depan mereka. Para pemimpin harus segera bergerak – taka da kedamaian saat anak-anak dan masyarakat sipil tak aman #AlAqsa,” demikian cuitan Malala.

 

“1500 orang Palestina menghadapi pengusiran di #Jerusalem. 200 pengunjuk rasa terluka. 9 anak tewas. Sanksi terhadap Afrika Selatan membantu membebaskan orang kulit hitamnya – inilah saatnya sanksi terhadap Israel untuk membebaskan warga Palestina. Bergabunglah dalam panggilan. #SheikhJarrah” tulisnya.

  1. Simi Haze

Selebriti kembar Simi dan Haze yang juga memiliki darah Palestina ini juga menyuarakan dukungan mereka.

DJ dan influencer tersebut menyayangkan orang-orang yang bersikap cuek soal konflik Palestina ini.

“Diam saja atas situasi di Palestina adalah sebuah dukungan terhadap apartheid yang terus terjadi, pembersihan etnis, dan genosida. Menormalkan kekerasan di manapun adalah hal yang tidak benar. Sebarkan kesadaran, edukasi dan sadari bahwa bicara tentang perjuangan Palestina bukan antisemitisme, yang kurasa menjadi ketakutan orang dalam menujukkan dukungan atas perlawanan,” kata mereka.

 

  1. Lena Headey

Bintang Game of Thrones Lena Headey membagikan ulang unggahan dari @bunchofscrawlers tentang kondisi Sheikh Jarrah.

“”Lebih dari 1.500 orang Paelstina di sekitar wilayah Yerusalem terancam diusir dan penghancuran rumah oleh pemerintah Israel,” demikian keterangan unggahan yang dibagikan oleh pemeran Cersei tersebut.

 

  1. Roger Waters

Roger Wates pentolan Pink Floyd juga tak segan menyuarakan protesnya terhadap kekerasan yang dialami Palestina.

“Israel secara resmi adalah negara apartheid. Lihat genosida dalam pengusiran di Sheikh Jarrah,” cuitnya.

Roger juga mengkritik angkah Presiden Amerika yang dinilai masih mendukung Israel.

“Yang kamu dukung adalah pihak yang melakukan genosida, pengusiran orang-orang dari rumah mereka, kamu suka ini, Joe Biden?” ujar Robert dalam sebuah video.

 

AS Bakal Mediasi Jika…

Amerika Serikat menawarkan diri menjadi penengah jika Israel dan kelompok Hamas di Jalur Gaza, Palestina, bersedia gencatan senjata untuk mengakhiri kekerasan yang semakin memburuk.

Hal itu disampaikan AS kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) pada Minggu (16/5) kemarin.

“Dari dialog dengan para pejabat Israel, Otoritas Palestina, dan semua mitra regional, Amerika Serikat menyatakan siap untuk memberikan dukungan dan jasa baik kami jika pihak-pihak tersebut mengupayakan gencatan senjata,” ujar Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas, kepada 15 Anggota DK PBB, mengutip Reuters.

AS, kata Linda, terus bekerja mencari jalan keluar bagi konflik antara Israel dan Palestina melalui saluran diplomatik.

“Karena kami yakin orang Israel dan Palestina sama-sama memiliki hak untuk hidup dalam keselamatan dan keamanan,” ujar Linda. [ ]

 

Penulis: Ahmad Nurcholish

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed