by

Mewaspadai CyberBullying Sebagai Dampak dari Perkembangan TIK

Oleh: Muhammad Afif Putra Jauhari

Teknologi adalah hal yang sangat di butuhkan pada saat ini untuk memproses dan menyampaikan informasi. Teknologi memiliki istilahnya masing masing yaitu informasi dan komunikasi. Menurut KBBI, pengertian informasi adalah penerangan, pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu, sedangkan komunikasi menurut KBBI adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih.

TIK memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan. Karena TIK bersifat revoslusioner dan memiliki jangka panjang. Peranan dan manfaat TIK berdampak pada hamper di setiap aspek kehidupan kita, mulai dari belajar, bekerja, bermain, hingga bersosialisasi.

Istilah TIK sendiri muncul pada saat adanya perpaduan antara teknologi computer dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat hingga awal abad ke-21.

TIK berkembang pesat hingga saat ini. Saat ini jarak dan waktu seakan tidak lagi menjadi halangan intuk berkomunikasi.

Salah satu hal yang sedang menjadi trend di saat ini adalah kegiatan yang berbasis internet dan elektronik. Aktivitas aktivitas berbasis elektronik ini sudah pasti sangat membantu di kehidupan manusia.

Di lihat dari dampaknya TIK memiliki dampak positif dan dampak negative. Jika di lihat dari dampak positifnya, masyarakat lebih muda dalam mendaptkan dan menyampaikan  informasi. Namun kemajuan teknolgi ini membuat orang lebih sering menghabiskan waktu di dunia maya dibandingkan di dunia nyata. Hal inilah yang bisa membuat TIK berdampak negative. Salah satunya penyebab terparahnya adalah cyberbullying.

Apa Itu Cyberbullying? Cyberbullying adalah kejahatan yang dilakukan secara sengaja dalam bentuk merugikan, cemooh, pelecehan, ancaman, hingga hinaan dengan menggunakan sarana TIK. Hal ini sering terjadi di berbagai media social dari platform chatting hingga platform game.

Baca Juga: ‘Cyberbullying’ Perundungan Modern Di Era Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Ciri ciri dari cyberbullying adalah tidak adanya kekerasan fisik, memanfaatkan teknologi dan peralatan tertentu, memanfaatkan jaringan telekomunikasi.

Cyberbullying memiliki dampak yang sangat berbahaya yaitu menarik diri dari lingkungan sosisal, perasaan dikucilkan lingkunga, kesehatan visik dan mental terganggu, depresi dan ingin bunh diri.

Ada banyak factor pemicu yang menyebabkan cyberbullying pada remaja yaitu factor individu yang di antaranya pengalaman kekerasan, persepsi, gender, usia, kntrol psikologis , dan penggunaan zat adiktif. Kemudian factor keluarga meliputi pola asuh, dukungan keluarga, dan stress orang tua. Factor teman berupa dukungan. Factor penggunaan internet yaitu berupa intensitas dan kompetensi media etis. Beberapa factor tersebut dapat memengaruhi keterlibatan remaja dalam cyberbullying baik sebagai pelaku maupun korban.

Bagaimana cara mencegah cyberbullying? Ada banyak hal yang dapat mencegah cyberbullying, tetapkan batas waktu control akses ke internet sangat penting karena membatasi akses internet untuk apa yang diperlukan.

Mengajarkan anak dalam menggunakan media social dengan cara yang sehat. Salah satu cara terbaik untuk mencegah terjadinya cyberbullying adalah dengan benar membuat remaja memahami cara kerja platform media social

Jaga komunikasi agar tetap konsisten dan terbuka. Latih komunikasi dua arah dalam keluarga, terutama tentang masalah internet. Berikan respon yang baik terhadap tindakan cyberbullying. Tindakan yang terbaik adalah melakukan komunikasi bersama anak tentang masalah ini, dan erikan tanggapan yang bijaksana terhadap korban cyberbullying yang diintimidasi atau bahkan yang melakukan intimidasi.

Kesimpulan yang harus di ambil adalah semua orang harus bijak dalam menggunakan TIK dan pandai – pandai dalam memilih hal yang positif ataupin hal yang negative. Hindarilah perilaku yang akan menyakiti hati orang lain maupun hati diri sendiri.

 

Oleh: Muhammad Afif Putra Jauhari, Siswa SMAN 1 Pontianak

Diolah dari berbagai sumber

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed