Merajut Hubungan Lintas Agama, Peserta PKPLA Kunjungi Vihara Girinaga Makassar

Kabar Utama224 Views

Makassar | Kabardamai.id | Peserta Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Lintas Agama (PKPLA) kunjungi Vihara Girinaga di Makassar, Jumat (13/10). Kunjungan ke rumah-rumah ibadah dilakukan secara bergantian agar peserta dapat mengeksplorasi nilai toleransi, pluralisme, inklusivisme dan pancasilais.

Vihara Girinaga sendiri merupakan tempat ibadah Buddha yang bersejarah di Makassar, tidak hanya sekadar menjadi rumah ibadah, Vihara Girinaga juga menjadi pusat pembelajaran bagi semua individu yang hendak mempelajari ajaran Buddha. Peserta belajar untuk mengintegrasikan nilai-nilai yang dianut oleh Buddhist ke dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Menyelami Kekuatan Toleransi dan Perdamaian, PKPLA Kunjungi Masjid 99 Kubah Makassar (kabardamai.id)

Andi Nurabidah Siddiqah, Peserta PKPLA yang juga seorang muslim menceritakan pengalamannya saat mengunjungi vihara. Ia terkesima dengan bentuk bangunan vihara yang luas dan tinggi. Nurabidah belajar banyak tentang vihara dan bentuk-bentuk bangunannya. “Semoga keberagaman ini tetap terjaga dan tidak ada lagi diskriminasi di antara kita,” tandas Nurabidah, (13/10).

Roy Ridwan, Ketua Vihara Girinaga menyambut kedatangan teman-teman lintas agama dengan hangat. Ia mengatakan kegiatan seperti PKPLA perlu terus dikembangkan untuk penguatan nilai toleransi dan keberagaman. “Selalu ada miskonsepsi karena ketidaktahuan satu sama lain, pendidikan toleransi seharusnya tidak hanya dilakukan di sekolah, tapi juga di rumah ibadah,” ungkap Roy (13/10). 

 

Reporter: Nurul Sayyidah Hapidoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *