by

Menjadi Yahudi di Indonesia

Kabar Damai | Kamis, 14 Juli 2022

Jakarta I Kabardamai.id I Yahudi bukan menjadi agama yang familiar di Indonesia. Tidak banyak orang mengetahui keberadaannya. Walaupun demikian, eksistensinya ada melalui berbagai aktifitas dan perkumpulan yang didirikan diberbagai daerah seperti diantaranya The United Indonesian Jewish Community.

Rabbi Benjamin Meijer melalui tayangan dalam kanal Suara Setara menyatakan bahwa ia mendirikan The United Indonesian Jewish Community yang menerima Yahudi dari berbagai aliran. Ini dimulai sejak tahun 2007, pengalaman dirinya dimulai dengan cerita-cerita yang ia lakukan melalui akun media Friendster yang dilanjutkan dengan twitter dan facebook yang kemudian menjadi media berjejaring antara dirinya dengan Yahudi lain guna meneruskan tradisi.

Melalui sharing tersebut, ia kemudian dapat berjejaring. Hal tersebut kemudian membuat beberapa temannya dari latarbelakang Yahudi Belanda dan Jerman menyatakan atas pentingnya suatu perkumpulan. Setelahnya, pada tahun 2009 ia mulai berhubungan dengan Yahudi Internasional yang mengkoneksikannya dengan badan-badan misionari Yahudi Orthodox agar kembali pada iman dan tradisi.

Baca Juga: Sharing Tentang Yahudi di Indonesia: Stop Judging and Start Loving

Dalam prosesnya pula, dalam rangka tergabung dan terikat dengan organisasi Yahudi Internasional. Perkumpulan ini mengalami beberapa pekerjaan rumah. Misalnya saja dengan keterbatasan bahasa khususnya Inggris dan Ibrani yang kerap digunakan sebagai sarana berdoa, selanjutnya berhubungan dengan ekonomi yangmana pendidikan Yahudi memerlukan biaya yang cukup besar dan lain sebagainya.

Sejak membentuk sebaran komunitas di Indonesia, awalnya komunitas ini hanya berbasis Jakarta, Lampung dan juga Manado. Kemudian, karena Yahudi adalah agama eksklusif, menurutnya dari anggota-anggotanya tersebut ada yang mau dan tidak ketika ditanya bagaimana jika harus meninggalkan secara utuh kepercayaan lama dan beriman kepada Yahudi seutuhnya.

Walaupun demikian, perkembangan yang terjadi cukup baik dan hingga kini telah ada delapan hingga sembilan area di Indonesia seperti Lampung, Jakarta, Sentral Jawa, Bali, Ambon, Papua dan lainnya. Dari daerah-daerah ini sendiri, terdapat pemimpin-pemimpin lokal dalam menjalankan proses keimanan anggota yang ada.

Ditanya tentang keterkaitan antara komunitas yang ia dirikan dengan Israel, ia menuturkan bahwa Israel dan Yahudi bagaikan pohon. Oleh karenanya menyebabkan jejaring terjalin melalui komunitas internasional.

Penulis: Rio Pratama

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed