by

Menjadi Pemuda Cerdas dan Tolak Ideologi Transnasional

Oleh: Ananda Heni Fitrianti

Dulunya manusia purba menyampaikan informasi melalui lukisan di dinding-dinding goa. Sekarang arus informasi sudah bisa diakses dengan mudah melalui internet. Masa sekarang banyak menggunakan internet termasuk menyampaikan informasi. Internet mampu  memberikan informasi tanpa batas.

Saat ditemukan teknologi pencetakan, informasi menjadi lebih mudah disebarkan. Hal serupa juga terjadi ketika mulai muncul radio, televisi, hingga komputer yang membuat informasi menyebar jauh lebih luas jangkauannya.

Teknologi komunikasi untuk menyampaikan informasi telah ada sejak zaman prasejarah. Awalnya, komunikasi menggunakan suara dan isyarat tangan. Lalu, berkembang sampai sekarang yang menggunakan peralatan komunikasi lebih modern seperti handphone. Lukisan gua di Sulawesi yang berumur 44.000 tahun menjadi bukti perkembangan informasi dan komunikasi Indonesia pada masa pra-aksara.

Akhir-akhir ini ideologi Pancasila bangsa Indonesia mendapatkan tantangan yang luar biasa ditengah arus globalisasi dan adanya gerakan ideologi baru transnasional (Ideologi Khilafah). Ideologi transnasional yang sangat berbahaya bagi eksistensi bangsa Indonesia dan akan mengancam eksistensi kedaulatan bangsa yang telah menjadikan pancasila sebagai dasar negara, falsafah negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, sebagai suatu ancaman terhadap keberadaan negara Indonesia maupun pada pancasila sebagai dasar negara, maka juga perlu dicermati dan dipikirkan bersama oleh pemerintah tentang ideologi khilafah yang transnasional seperti Hizbut Tahrir.

Jika berbicara tentang teknologi, tentunya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Selamanya, selama peradaban manusia masih ada, teknologi akan terus menjadi hal terpenting dalam kehidupan. Sejak manusia diciptakan di muka bumi ini, manusia sudah mulai mencoba berkomunikasi dengan symbol-simbol dan isyarat. Hal ini merupakan titik awal perkembangan TIK.

Saat ini, jarak dan waktu seakan tidak lagi menjadi halangan dalam berkomunikasi. Orang yang berada di pulau yang berbeda bahkan negara yang berbeda kini sudah mampu melakukkan komunikasi bahkan mampu ditampilkan secara visual.

Baca Juga: AYIC 2021 dan Peran Pemuda untuk Jaga Perdamaian

Sisi positifnya adalah masyarakat yang menjadi pengguna aktif teknologi, situs-situs, serta media komunikasi sosial, mereka dapat menyampaikan informasi dan juga mendapatkan informasi secara lebih mudah.sisi negatifnya, kemajuan teknologi ini membuat orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung.

Ideologi transnasional merupakan ideologi yang menyebar dan dianut oleh banyak negara akibat perbatasan ekonomi dan sosial antarnegara semakin kabur. Oleh karena itu, perkembangan teknologi 5G yang saat ini diupayakan pemerintah akan menjadi tantangan bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi milenial untuk mempertahankan ideologi Pancasila di Indonesia. Terdapat berbagai jenis ideologi transnasional, dan salah satunya adalah ideologi transnasional radikal yang bertentangan dengan ideologi Pancasila, seperti yang dianut Taliban.

Saat orang sudah terlalu sibuk dengan telepon atau PC miliknya, lalu mereka menghabiskan waktu yang cukup lama untuk berinteraksi di dunia maya, mereka tidak sadar bahwa saat itu mereka sedang membuang waktunya untuk berinteraksi dengan hidup sebenarnya yang berada disekitar mereka.

Banyaknya pengguna sosial media dan pengakses internet ini, membuktikan bahwa masyarakat Indonesia lebih suka berinteraksi dan bergaul secara virtual dengan pengguna sosial media dan internet lainnya.

Oleh karena, bijak dalam menggunakan perkembangan teknologi dapat dilakukan sekaligus dalam rangka mencegah terpaparnya ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. Terlebih, generasi milenial punya kemampuan dan daya akses yang baik sehingga pemahaman tentang baik dan buruk dapat diimplementasikan dalam hal ini. Mari cerdas bersama.

Oleh: Ananda Heni Fitrianti, Siswi SMAN 1 Pontianak

Diolah dari berbagai sumber

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed