by

Menilik Deretan Prestasi Greysia Polii dan Apriyani Rahayu

Kabar Damai I 03 Agustus 2021

Jakarta I kabardamai.id I Tim ganda putri bulu tangkis Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu akhirnya sukses sumbang emas di Olimpiade Tokyo 2020. Sebuah prestasi membanggakan dari ganda putri bulu tangkis Indonesia yang menjadi tim pertama peraih emas di cabang olahraga bulu tangkis untuk tanah air di Olimpiade Tokyo 2020.

Hebatnya lagi, emas yang diperoleh Greysia Polii dan Apriyani Rahayu ini adalah yang pertama di sepanjang sejarah tim ganda putri bulu tangkis Indonesia. Greysia Polii dan Apriyani Rahayu telah berhasil mengalahkan lawannya di babak final, yaitu Chen Qing Chen dan Jia Yi Fan dari Tiongkok.

Jika diingat kembali, apa yang sudah dicapai kedua perempuan berbakat itu tak luput dari latihan keras dan bertahun-tahun mengikuti berbagai kompetisi.Baik Greysia maupun Apriyani sudah banyak mengecap laga bulu tangkis sebelum dipasangkan sebagai ganda putri sejak tahun 2017.

Baca Juga: Persiapan Perempuan Sebelum Menikah

Apa saja prestasi yang pernah mereka raih semenjak dipasangkan di kelas ganda putri? Berikut rangkumannya seperti dikutip dari berbagai sumber!

1. Meraih emas pertama sebagai ganda

Pertandingan pertama di mana Greysia Polii pertama kali dipasangkan dengan Apriyani Rahayu adalah di Sudirman Cup 2017. Sayangnya, di ajang yang berlangsung di Australia kala itu keduanya gagal meraih gelar juara. Sebulan kemudian, Greysia dan Apriyani kembali bertanding sebagai ganda putri di Thailand Open (BWF Grand Prix).

Di situlah mereka berhasil menyabet emas pertama sebagai pasangan ganda putri untuk Indonesia setelah mengalahkan tim Thailand dengan skor 21-12 dalam 2 set.

2. Enam gelar juara di BWF World Tour

Di serangkaian pertandingan yang digelar BWF (Badminton World Federation), ganda putri bulu tangkis Indonesia ini juga meraih sejumlah medali emas. Keduanya tercatat memiliki enam gelar juara di BWF World Tour selama beberapa periode di tahun 2017-2021.

Sejumlah medali emas yang diraih dari BWF diperoleh dalam pertandingan-pertandingan berikut:

India Open 2018
Thailand Open 2018
India Open 2019
Indonesian Masters 2020
Spanyol Masters 2020
Yonex Thailand Open 2021

3. BWF Superseries

Berikutnya di BWF Superseries, pasangan ganda putri yang satu ini juga meraih satu gelar juara di laga France Open 2017. Di tahun yang sama, keduanya mendapatkan medali perunggu dalam ajang Hong Kong Open.

4. Prestasi Lain

Selain deretan prestasi di atas, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu juga sudah meraih berbagai gelar juara lain dalam pertandingan berbeda.
Misalnya Greysia Polii yang pernah meraih emas di Asian Games saat dipasangkan dengan Nitya Kishinda Maheswari.

Atau saat Apriyani Rahayu memboyong emas dari BWF Internasional Challenge tahun 2015 dan 2016 sewaktu dipasangkan dengan Jauza Fadhila Sugiarto. Intinya adalah, kedua pemain ganda putri ini memiliki prestasi yang luar biasa sehingga mereka memang layak mendapatkan medali emas dari Olimpiade Tokyo 2020.

Sekali lagi, selamat untuk ganda putri bulu tangkis Indonesia!

Penulis: Ai Siti Rahayu

Diolah dari berbagai sumber

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed