by

Mengkampanyekan Nilai Kemanusiaan dan Keberagaman Melalui Karya

Kabar Damai I Minggu, 26 September 2021

Pontianak I Kabardamai.id I Perkembangan zaman sejatinya senantiasa dapat mengantarkan seseorang dalam mengembangkan kreatifitas yang dimiliki agar dapat berdampak pada dirinya serta lingkungan. Hal ini karena melalui perkembangan yang ada akan membuat sesuatu yang dikerjakan menjadi lebih mudah karena ketersediaan alat dan juga media.

Sama halnya dengan yang dilakukan oleh Doni Chairullah, sebagai generasi muda ia maksimalkan dirinya untuk terus berkembang dan berkreatifitas sesuai dengan apa yang ia bisa dan juga ia senangi.

Doni adalah pemuda dari Pontianak, Kalimantan Barat. Selain sebagai mahasiswa, ia juga dikenal sebagai konten creator khususnya video. Karya-karyanya sudah tidak perlu untuk dipertanyakan lagi. Sudah pasti, selain menarik juga bermanfaat dan berdampak baik pula.

Ia mengawali diri menjadi konten kreator dengan tekat yang kuat dan juga kesederhanaan. Tidak melulu menggunakan alat yang canggih, ia gunakan gawai android dan juga aplikasi pengedit video sederhana yang ia unduh dari layanan penyedia aplikasi.

Melalui karya-karyanya, kini Doni yang juga bekerja pada sebuah yayasan kemanusiaan semakin aktif dalam mengkampanyekan nilai-nilai kemanusiaan dan juga perdamaian. Ia juga bahkan terlibat dalam berbagai penyusunan program tentang keberagaman di Pontianak saat ini.

Penggagas Sekitar Tv dan Sekitar Pendidikan

 

Nama Doni Chairullah sudah tak asing di Pontianak dan banyak wilayah lainnya. Terlebih seiring dengan tekadnya menggagas gerakan bernama Sekitar TV dan Sekitar Pendidikan.

Sekitar TV adalah platform yang digunakan Doni untuk mempublikasi dan memperkenalkan karya-karya yang dibuatnya. Sedangkan Sekitar Pendidikan adalah layanan sekolah non formal yang ia bangun dengan tekad untuk memberikan edukasi kepada anak-anak pada wilayah dengan kasus tinggi narkoba yang ada di Pontianak.

Doni tinggal di Gang. Angket, Pontianak yang terkenal sebagai wilayah dengan tingginya kasus yang berbau tentang narkoba. Bahkan, bukan tidak mungkin melibatkan anak-anak masuk dalam pusaran tersebut. Oleh karenanya, dimulai dari rasa keprihatinan dan inginnya memberikan dampak baik bagi daerah sekitar ia tinggal membuatnya menggagas gerakan Sekitar Pendidikan tersebut.

Baca Juga: Kemanusiaan dalam Sejarah Filantropi Islam

Sekitar Pendidikan sebagai sekolah non formal memberikan banyak edukasi baik kepada anak-anak. Tidak hanya fokus belajar akademik, anak-anak tersebut juga diajak berdinamika dan berfikir kritis serta pola fikir baik lainnya. Selain itu, guna menambah keseruan dan keterampilan, anak-anak juga kerap diajak berlatih dan bermain catur, cooking class dan lain sebagainya.

Berbagi Pengetahuan

Jumat, (24/9/2021) siang, Doni berkunjung ke SMAN 1 Pontianak. Disana, ia berbincang dan berbagi pengetahuan tentang konten kreator dan tips menciptakan konten dengan isu kemanusiaan dan juga keberagaman kepada ekstrakurikuler One4K.

Ekstrakurikuler One4K adalah ekstrakurikuler yang bergerak pada fotografi dan videorafi, diikuti oleh puluhan siswa SMAN 1 Pontianak. Seiring dengan pengamalan profil pancasila, ekstrakurikuler ini tertarik untuk belajar dari Doni dalam membuat video pada isu kemanusiaan, keberagaman, dan juga sosial.

Dalam pemaparannya, Doni menyataan bahwa penting untuk memilih isu spesifik. Selain sebagai branding diri juga sekaligus agar dampak yang dihasilkan dari karya yang dibuat juga semakin tampak dan terasa.

Selain itu, Doni juga berpesan kepada peserta agar senantiasa berkolaborasi, karena untuk dapat berdampak tidak dapat dilakukan seorang diri. Melalui kolaborasi, hal yang kecil akan dapat lebih terlihat dan menjadi besar.

Hal ini terbukti dari treck record Doni saat ini, iayang mengawali diri menjadi konten kreator dari hal yang sederhana saat ini telah bekerjasama dengan lembaga pada tingkat lokal, nasional bahkan internasional. Menurut Doni, tahapan yang dilalui memang tidak sebentar dan tidak mudah. Namun, harus percaya bahwa hasilnya akan indah jika konsisten dilakukan.

Penulis: Rio P

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed