Menggali Potensi Pemuda, Linda Desyana Tanam Nilai Kepemimpinan

Kabar Utama135 Views

Makassar | Kabardamai.id | Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) mengumpulkan pemuda dari berbagai latar belakang untuk mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Lintas Agama (PKPLA) di Kota Makassar. Pelatihan ini menghadirkan Linda Desyana Koswara, Program Manager and Public Relations ICRP sebagai narasumber untuk materi Pemimpin dan Kepemimpinan, Kamis (12/10).

Linda menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai kepemimpinan dalam diri pemuda. Ia menjelaskan bahwa pemimpin yang baik harus memiliki kapasitas, prestasi, tanggung jawab dan partisipasi. Lebih lanjut, ia memberikan peserta pemahaman terkait dengan konsep LEAD (Loyalty, Educate, Advice, and Discipline). 

“Konsep LEAD menciptakan karakter pemimpin yang siap untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks,” ungkap Linda.

Baca juga: Atik Muayati Membahas Karakter Pemimpin Masa Depan, Pemuda Lintas Agama Menyongsong Kehidupan Inklusif (kabardamai.id)

Dalam konteks pelatihan kepemimpinan lintas agama, Linda mengajak peserta untuk merenungkan bagaimana kepemimpinan dapat berkontribusi pada kerukunan antar agama. Ia juga menyoroti peran penting pemimpin dalam mengatasi konflik dan mempromosikan dialog antar agama. “Pemimpin harus mampu menjadi mediator dalam situasi konflik dan menjembatani perbedaan,” ungkap Linda. 

Pelatihan tidak hanya berfokus pada teori-teori kepemimpinan, tetapi juga tindakan nyata. Peserta pelatihan saling berbagi pengalaman dan melakukan riset berdasarkan kasus yang terjadi di kehidupan sehari-hari. 

Penulis: Nurul Sayyidah Hapidoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *