by

Mengenal Umilia, Perempuan Muda Pejuang Pendidikan dari Kubu Raya

Kabar Damai I Rabu, 30 Juni 2021

Kubu Raya I Kabardamai.id I Berbatasan langsung dengan ibu kota provinsi Kalimantan Barat membuat hiruk pikuk dan kehidupan di Kubu Raya turut dipantau dan menjadi perhatian banyak orang. Kabupaten yang kaya akan sumber daya alam sekaligus pintu masuk ke Kalimantan Barat melalui jalur udara ini juga menyimpan berbagai kekayaan dan keanekaragaman masyarakat.

Namun, ditengah menariknya Kubu Raya, beberapa permasalahan masih menyelimuti kabupaten tersebut. Misalnya saja dalam bidang pendidikan yang masih sangat tinggi angka kurang minat belajar bagi anak-anak terutama yang berdomisili di daerah yang jauh dari pusat kota.

Kesadaran akan memecahkan permasalahan tersebut turut dilakukan oleh Umilia, ia yang juga merupakan seorang sarjana pendidikan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura bertekad mengimplementasikan ilmu yang diperoleh serta sebagai wujud implementasi atas Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan cara mendirikan tempat bimbingan belajar yang kini dikenal dengan Rumah Pintar Punggur Cerdas.

Lokasi dari Rumah Pintar Punggur Cerdas berada di Parit Tembakul, Desa Punggur Kecil, Kabupaten Kubu Raya. Rumah Pintar ini juga telah berdiri sejak tahun 2018 serta aktif mendorong anak-anak agar semangat dalam belajar serta sekaligus sebagai TPA dan juga tahfidz.

Umilia menyatakan bahwa awal dari gerakan sosial berbasis pendidikan yang ia dirikan hanyalah berawal dari sebuah keresahan.

“Anak-anak ketika pulang sekolah hanya tahunya bermain saja hingga larut malam. Hal ini terjadi setiap hari. Itu yang menjadi masalah besar bagi saya selaku anak muda di daerah saya,” ungkapnya.

Baca Juga: K.H. Ahmad Dahlan Pembaharu Pendidikan Muhammadiyah di Indonesia

Kini, Rumah Pintar Punggur Cerdas telah semakin berdampak dan dikenal banyak orang. Bahkan, gerakan baik ini telah memiliki cabang yang beralamat di Desa Kalimas.

Selain sebagai tempat belajar, Rumah Pintar juga digunakan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat. Baik itu posyandu dan pengecekan kesehatan, hingga hanya sebagai tempat bersantai sembari membaca buku disana.

Sebagai rumah belajar, Rumah Pintar ini tidaklah terlalu formal dalam mengajarkan pendidikan dan pembelajaran bagi anak-anak. Semua dilakukan dengan santai sembari bermain. Hal ini pula yang kemudian membuat anak-anak tertarik dan bersama-sama belajar disana.

21 Local Heroes Award

Segala hal yang diawali dengan niat yang baik pastilah akan mendapatkan hasil atau dampak yang baik pula. Hal ini pula yang terjadi pada Umilia dan Rumah Pintar Punggur Cerdasnya.

Umilia menjadi satu dari dua puluh satu penerima Local Heroes Award yang diselenggarakan oleh Tribun Network. Penghargaan ini diberikan kepada para local heroes yang berpengaruh dari berbagai daerah di Indonesia lainnya yang telah memberikan kontribusi dan peran baik bagi daerah masing-masing.

Sumber: HiPontianak I Tribun Pontianak

Penulis: Rio Pratama

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed