Mengenal Pura Agung Sri Wijaya, Destinasi PTI ke 15

Kabar Damai | Senin, 15 Mei 2023

Lampung | kabardamai.id | Pura Agung Sriwijaya bertempatkan Alamat: Jl. Seduduk Putih No.19, 8 Ilir, ala. Bangunan ini terletak di tanah seluas 3000 m2 (60 m x  50 m), dengan luas bangunan 2475 m2 (45 m X 55 m).Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30121.

Peserta PTI Pura Agung Sri Wijaya.
Peserta PTI Pura Agung Sri Wijaya. Doc. ICRP

Pura Agung Sriwijaya adalah salah satu tempat suci dan tempat upacara keagamaan. ratusan umat Hindu berkumpul untuk melakukan ritual-ritual Hindu, yang berada di bilangan Seduduk Putih.

Diantaranya saat perayaan hari raya Nyepi ritual Catur Tawur Kesanga yang memiliki arti sebagai ungkapan perhatian manusia terhadap Bhutak.

Areal tanah pura di sini terbagi menjadi tiga halaman yang meliputi Utama Mandala yang merupakan halaman terdalam Madya Mandala (halaman yang kedudukannya di tengah-tengah) Kaniska Mandala yaitu halaman yang terluar atau terdepan.

Pura Agung Sri Wijaya
Peserta PTI bersama Ust Ahmad Nurcholish saat di Pura Agung Sri Wijaya

Ajaran ini mengajarkan bagaimana manusia menghidupkan kebahagian, Berpikir yang baik Berkata yang baik Berbuat yang baik Yang disebut dengan Tri Kaya Parasuda.

Pura ini sebagai tempat Berkumpul Dari berbagai daerah untuk sesama umat, selain untuk sembahyang, kemudian dalam kegiatan organisasi KMHDI itu sendiri – I Putu Gede Aditya – Pemuda Hindu 

Bapak Made swaste (Damai secara pribadi maupun damai secara universal) – Tokoh Umat Hindu Sumsel 

(Pura sriwijaya ini di kota Palembang) ini adalah pura terbesar. Cerita para Sesepuh (di tahun 80an tidak punya tempat ibadah di kota palembang) lalu melakukan ibadah, di rumah, bahkan di aula-aula sampai dengan di rumah ibadah orang lain (di vihara dll). 

Akhirnya adanya perkumpulan antar Sesepuh untuk sepakat sekitar tahun 1980 (pak Tri Sutrisno pernah jadi wakil presiden) ia menghibahkan tanah angkatan darat untuk pembangunan rumah ibadah “pura”.

Pura yang menjadi Pusat kegiatan umat Hindu di kota Palembang (semua jenjang seperti SD, SMP, SMA) 

Ajaran Hindu Darma di Indonesia dapat disesuaikan dengan kearifan lokal yang ada (Desa Kala Patra) dimana l’anfiteatro dijunjung, di situ lah Bumi dipijak yang artinya ini mengarah pada “ punkas I Gusti Bagus Surya Negara (Tokoh Umat Hindu Sumsel).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *