by

Mengenal Filsafat dan Filsuf-Filsuf Pertama di Dunia

Kabar Damai | Selasa, 19 Juli 2022

Jakarta I Kabardamai.id I Wahyu Budi Nugroho, Sosiolog Universitas Udayana dalam Sanglah Institute menjelaskan apa itu filsafat serta empat filsuf pertama di dunia yang dikenal dengan pemikiran-pemikirannya.

Ia menjelaskan bahwa istilah filsafat berasal dari kata Philos dan Sophein yang mana Philos berarti mencintai, mencari atau pencarian akan. Sementara istilah Sophein bisa diartikan cinta, kebijaksanaan, atau kebenaran sehingga filsuf adalah orang sedang mencari kebijaksanaan dalam kebenaran.

“Jika ada orang yang mengaku filsuf dan ia mengklaim telah menemukan kebenaran atau kebijaksanaan sebetulnya justru belum menjadi seorang filsuf,” ujarnya.

Filsuf pertama di dunia ialah Thales (625 SM-545 SM) yang memiliki pemikiran bahwa dunia ini berasal dari air. Thales juga memiliki murid bernama Anaximandes (610 SM-540 SM) yang mengatakan bahwa kehidupan ini berasal dari air.

Jadi, sebetulnya teori evolusi yang dikemukanan oleh Charles R. Darwin (12 Februari 1890-19 April 1882) bukan hal yang baru karena sebelumnya Anaximandes sudah mengemukakan sebelumnya. Namun, karena tidak didukung oleh riset dan data yang valid maka masih sangat lemah.

Filsuf selanjutnya adalah Heraclitus (530 SM-470 SM) yang menyatakan bahwa dunia ini tercipta dari api. Filsuf yang ketiga adalah Parmanides (540 SM-475 SM) yang mengatakan bahwa dunia diciptakan oleh satuan terkecil tetapi dia tidak mengatakan secara pasti apa itu satuan terkecil.

Baca Juga: Homo Digitalis dan Kebutuhan Kita pada Filsafat

Misal, sebuah tembok. Ketika tembok didalami maka ada semen. Dalam semen ada butiran pasir, didalam pasir masih ada butiran-butiran pasir yang bisa jadi yang dimaksud oleh Parmanides adalah satuan terkecil seperti itu.an e

Filsuf keempat adalah Democritus (460 SM-370 SM) yang memiliki pemikiran seperti Parmanides. Hanya saja ia menciptakan istilah atom, bahwa dunia ini tercipta dari ATOM. A itu tidak dan Thome artinya terbagi. Jadi ATOM adalah satuan yang tidak terbagi.

Keempat filsuf ini adalah filsuf pertama kali yang hadir di dunia. Namun,  yang menarik ialah ketika Thales menyatakan bahwa dunia ini tercipta oleh air karena ia tinggal dipinggir pantai yangmana setiap hari ia melihat air dan ia menyimpulkan bahwa dunia ini berasal dari air.

Begitu pula dengan yang menyatakan bahwa dunia berasal dari api, karena ia hidup dikaki gunung berapi dan melihat percikan gunung berapi. Jadi, dapat dilihat bahwa ilmu pengetahuan modern sebetulnya dibangun oleh argumen-argumen yang secara rasio dan empiris tidak bisa dibuktikan kebenarannya adan hanya baru pada tataran opini atau argument.

Para filsuf pertama di dunia ini juga kerap disebut sebagai para filsuf alam, ini karena pemikiran-pemikiran mereka berupaya menafsirkan tentang alam juga berupaya membuat pemikiran mengenai bagaimana alam atau semesta ini tercipta.

Perihal dengan pertanyaan yang menyebutkan bahwa apakah dengan belajar filsafat akan menjauhkan dari agama dan Tuhan. Ia menjelaskan bahwa argument semacam ini  tidak dapat dibenarkan. Hal ini karena filsafat adalah cara berfikir sehingga tergantung pada penggunaannya.

Berthrand Russell menyebutkan bahwa filsafat adalah lahan kosong yang diperebutkan oleh ilmu pengetahuan maupun agama.

Penulis: Rio Pratama

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed