by

Menerima Keragaman di Era Majunya Zaman

Oleh: Zenny Aprilia

Teknologi Informasi dan Komunikasi terus berkembang dengan pesat, dengan perkembangan tersebut otomatis masyarakat juga terus berkembang. Mulai dari segi gaya hidup hingga pola pikir. Dulunya berinteraksi dengan orang lain harus dengan saling bertemu, sekarang sudah bisa berinteraksi jarak jauh dengan bantuan teknologi teknologi baru. Tak hanya itu, perkembangan teknologi ini tak berakhir pada hal itu saja, melainkan dengan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi orang orang dengan mudah mengakses informasi dimana saja dan kapan saja.

Karena gaya hidup masyarakat yang berubah saat ini, masyarakat tidak terlepas dengan penggunaan teknologi. Segala sesuatu dapat diselesaikan dengan praktis, informasi semakin mudah untuk diakses dengan smartphone, dan juga untuk berkomunikasi dengan orang jauh semakin mudah dengan adanya teknologi-teknologi canggih saat ini.

Teknologi informasi dan komunikasi juga dapat menjadi sarana pemersatu karena bisa menghubungkan masyarakat Indonesia dari manapun. Namun, bisa mengakibatkan hal yang sebaliknya yaitu perpecahan.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat dapat membawa dampak negatif maupun positif terhadap kehidupan manusia. salah satu dampak negatifnya adalah mudahnya tersebar berita hoax yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Berita bohong ini dapat tersebar dengan mudah dan dapat membuat siapapun yang membaca langsung mempercayainya dan yang lebih buruk lagi jika masyarakat malas untuk mengecek kebenaran berita tersebut. Hal ini dapat mengancam kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia di tengah kemajuan teknologi komunikasi.

Kemungkinan terburuk dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah generasi milenial yang merupakan generasi di usia produktif (18-36 tahun) dapat menjadi sasaran untuk memasukkan paham radikalisme. Karena rasa keingintahuan dan kesalahan dalam mencari referensi dapat menjerumuskan ke dalam fanatisme yang berujung radikal.

Baca Juga: Peran Mahasiswa dalam Realitas Kehidupan Sosial

Salah satu peristiwa akibat dari penyebaran berita bohong terjadi pada pesta demokrasi Indonesia tahun 2019 dimana orang-orang saling melemparkan provokasi, ujaran kebencian dan berita bohong kepada kedua belah pihak. Hal ini bisa jadi berujung kepada celah bagi paham radikalisme untuk masuk dan menyerang keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Semua hal ini dapat terjadi apabila masyarakat tidak bijak dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi seharusnya dapat membawa negara Indonesia menjadi negara yang lebih maju dan pola pikir masyarakat Indonesia menjadi lebih terbuka kereta membawa rasa persatuan kepada setiap warga negara.

Dampak-dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat kita cegah dan belajar dari masa lalu dengan mengevaluasi diri. Salah satunya adalah mencegah diri dari mempercayai berita bohong dengan selalu mengecek kebenaran dari berita berita yang kita dapatkan dari internet. Lalu sebagai orang dewasa seharusnya dapat mengawasi kerabat atau saudara yang lebih muda dalam dalam penggunaan teknologi dan menjadikan teknologi informasi dan komunikasi sebagai jembatan negara Indonesia menuju persatuan dan kesatuan yang lebih kuat yaitu dengan saling berbagi informasi tentang keragaman setiap daerah masing-masing dan mempelajari budaya-budaya Indonesia, serta membuka pikiran terhadap hal-hal baru dan bisa menyaring mana yang baik dan buruk untuk diterima.

Perkembangan teknologi yang pesat dapat membawa negara Indonesia kepada masa depan yang cerah apabila masyarakat dengan bijak memanfaatkannya. Sebagai warga negara Indonesia sudah sepatutnya kita berusaha untuk menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia dan mencegah terjadinya perpecahan di dalam negeri kita tercinta.

Sebagai generasi penerus bangsa kita harus selalu bijak dalam memilah mana informasi yang benar. Jika kita mudah terpengaruh terhadap berita bohong, hal tersebut dapat membawa masyarakat untuk terpecah belah. Maka dari itu sebagai warga negara yang yang baik kita harus selalu bijak dalam melakukan apapun.

Oleh: Zenny Aprilia, Siswi SMAN 1 Pontianak

Diolah dari berbagai sumber

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed