Vihara Dharmakirti, Peradaban Buddha di Palembang

Kabar Damai | Senin, 15 Mei 2023

Lampung | kabardamai.id | Vihara Dharmakirti Palembang. Betempatkan di Jl. Papera No. 157 A, 20 Ilir D. III, Ilir Timur I, 20 Ilir D. III, Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30121. Vihara Dharmakirti Palembang menjadi sarana tempat ibadah terbesar di Sumatra selatan, vihara ini berdiri sejak tahun 1962. 

Dilansir pada situs resmi kemendag.go.id Viahara Dharmakirti telah mengalami telah mengalami empat kali perbaikan dan pemugaran yang terakhir selesai pada 15 Februari 2006, dalam proses pembangunan vihara memakan waktu yang lama, yang dimulai sejak 2004, Hal tersbut dikarenakan perlengkapan vihara dari Tibet dan Tiongkok.

Vihara Dharmabakti mampu memuat kapasitas jemaat 600 dalam setiap minggu. Dan jika dihari perayaan tertentu mencapai 2.000 orang. Dengan pembinaan para tokoh umat budha serta pengeloaan tempat yang tertib menjadikan rumah ibadah Vihara Dharmakirti menjadi harmonis.

Kerukunan dan toleransi dijungjung tinggi. Perpecahan dan benturan antara umat beragama belum pernah terjadi. 

Berikut beberapa Potret Vihara Dharmakirti

Picture1
Tampak depan Vihara Dharmakirti Palembang
Picture2
Peserta PTI saat berjumpa dengan para Banthe di Vihara

Vihara ini memiliki ciri bangunan yang khas seperti yang bisa kita lihat pada jendela ini, yang menunjukan adanya 18 arahan kehidupan dalam agama Buddha Kunci utama dalam kehidupan dalam buddhis yaitu “mindfulness” atau kesadaran.

Tidak perlu khawatir akan masa depan, jadikan masa lalu sebagai pembelajaran dan sadari kehidupan saat ini “life in the present moment” karena only present is life, hal ini bisa dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari seperti makan dengan penuh kesadaran, mandi dengan penuh kesadaran, dan melakukan kegiatan lainnya dengan penuh kesadaran”, ujarnya Bante Nyana Wirya.

Sources: https://kemenag.go.id/nasional/umat-budha-pugar-vihara-dharmakirti-terbesar-di-sumsel-ke6vbg

 

Penulis: Yanti Oktaviani

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *