Mendorong Kerukunan Antaragama, Mitra Lokal Dukung PKPLA Kota Makassar

Kabar Utama169 Views

Makassar | Kabardamai.id | Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Lintas Agama (PKPLA) Kota Makassar mendapat dukungan dari mitra lokal. Kegiatan yang diselenggarakan selama lima hari oleh Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) berkolaborasi dengan mitra lokal untuk akomodasi, transportasi dan penghubung lembaga dan pemerintah. 

Widi Asnita Sigalotang, Mitra Lokal PKPLA Kota Makassar mengatakan cinta kasih dan perdamaian antar umat beragama mendorongnya untuk turut andil dalam pelaksanaan kegiatan. Ia melihat dampak positif yang hendak diwujudkan dengan melibatkan pemuda lintas agama dan budaya untuk membangun harmoni dengan saudara sebangsa.

“Kegiatan ini bagian dari memberi edukasi dan pencerahan sehingga setiap orang yang mengambil bagian di dalamnya memperoleh inspirasi dan memperkuat semangat menjaga perdamaian di tengah kebhinekaan,” ungkap Widi, Kamis (13/10).

Lebih lanjut, pelaksanaan pelatihan ini juga didukung oleh berbagai tokoh agama setempat, termasuk pemimpin gereja, masjid, vihara, dan lainnya. Hal ini menjadi contoh nyata bahwa kolaborasi lintas agama dapat memainkan peran penting dalam mempromosikan perdamaian dalam kehidupan yang semakin kompleks.

Baca juga: Mengenal Buya Syafii Maarif: Kepemimpinan dalam Toleransi Lintas Agama (kabardamai.id)

Widi berpesan kepada pemuda untuk meluangkan waktu berdialog untuk mempertajam wawasan kebangsaan dan kebhinekaan agar senantiasa memelihara cinta kasih. Menurutnya, PKPLA adalah kesempatan berharga untuk belajar sebanyak-banyaknya. 

“Setelah mengikuti PKPLA, peserta diharapkan kembali ke tengah-tengah masyarakat, keluarga, lingkungan tempat tinggal, kampus atau di mana saja untuk menularkan semangat solidaritas dan kerukunan yang tinggi dan ikut menjadi agen perdamaian yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila,” Tandas Widi

 

Reporter: Nurul Sayyidah Hapidoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *