by

Menciptakan Perdamaian di Indonesia

Oleh: Rafael. P

Pembagian kelompok suku di Indonesia tidak mutlak dan tidak jelas akibat perpindahan penduduk, percampuran budaya, dan saling mempengaruhi. Suku Jawa adalah kelompok suku terbesar di Indonesia dengan jumlah mencapai 41% dari total populasi. Dan banyak suku-suku terpencil, terutama di Kalimantan dan Papua, memiliki populasi kecil yang hanya beranggotakan ratusan orang.

Banyaknya keberagaman suku di Indonesia masyarakat sering menimbulkan konflink antar suku dan membuat perang antar etnis. Konflik antar suku merupakan konflik yang terjadi antara satu suku dengan suku lainnya, yang disebabkan karena perasaan benci atau memandang sukunya lebih unggul dan lebih baik daripada suku yang lain. Sedangkan konflik etnis atau perang etnis adalah sebuah konflik bersenjata antar kelompok etnis. Konflik tersebut kontras dengan perang saudara di mana hanya sebuah negara atau kelompok etnis tunggal yang bertarung satu sama lain dan peperangan reguler di mana dua negara berdaulat atau lebih berkonflik.

Masyarakat seharusnya berupaya untuk mempertahankan perdamaian antar suku dan etnis tersebut agar konflik itu tidak akan terjadi. Upaya – upaya yang dapat dilakukan masyarakat untuk mewujudkan perdamaian dan menjaga perdamaian.

Hal utama yang paling penting untuk bisa dilakukan yaitu dengan saling menghargai. Dengan menghormati satu sama lain, itu membawa manfaat yang baik. Di sisi lain, sangat nyaman untuk saling menghormati.

Kedua dengan bertoleransi, kemampuan seseorang memperlakukan orang lain yang berbeda. Toleransi termasuk sikap positif seperti menghargai dan menghormati orang yang berbeda agama, ras, bahasa, suku, dan budaya. Toleransi merujuk pada sikap saling menghargai antar sesama.

Baca Juga: Belajar Keragaman Sejak Dini Bersama Cerlang

Hal selanjutnya dalam rangka mewujudkan perdamaian ini ialah dengan menunjukkan adanya tingkatan yang sama, kedudukan yang sama, tidak lebih tinggi atau tudak lebih rendah antara satu sama lain.

Aspek selanjutnya, baik dalam kondisi susah maupun senang, kita harus bisa untuk tetap menjalin kebersamaan. Tetaplah menjadi bagian dari masyarakat yang memang siap membantu sesama.

Perdamaian tentu menjadi hal yang ditunggu-tunggu bagi mereka yang sedang mengalami perpecehan.  Sebagai contoh dari organisasi -organiasi global maupun regional, organisasi Pakta Warsawa sendiri memiliki tujuan Meningkatkan kerja sama pertahanan dan militer negara-negara Blok Timur. Maka dari itu, kita sebagai masyarakat Indonesia harus bekerja sama menjaga perdamaian antar suku supaya negara kita bisa lebih maju.

Tentu menjaga perdamaian antarsuku sangat mudah di terapkan, supaya lebih maksimal tentunya masyarakat dan pemerintah saling membantu untuk menjaga perdamaian. Masyarakat menjaga dengan menerapkan sikap saling menghormati, toleransi, kesetaraan, dan kebersamaan, sedangkan pemerintah bisa mengadakan rapat bersama antar suku, antar agama, dan adat istiadat untuk membicarakan permasalahan yang terjadi. Dan permasalahan yang ada sebaiknya dibicarakan dengan baik baik tanpa ada nya demo atau bentrokan dan semacam nya.

 

Oleh : Y. Rafael. P

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed