by

Membangun Karakter Cinta Damai di Zaman Kaliyuga

Kabar Damai | Senin, 04 Juli 2022

Singaraja I Kabardamai.id I Keragaman bangsa Indonesia adalah sebuah kekayaan yang harus selalu dirawat dan dijunjung tinggi. Juri Agus Subagiyo dalam program Pelita Dharma menjelaskannya dalam sudut pandang agama Hindu dan realitas kehidupan berbangsa saat ini.

Ia menuturkan bahwa bangsa Indonesia adalah negara yang berasaskan Bineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu kesatuan Indonesia. Diantara perbedaannya tersebut yaitu dari ragam etnis, suku, agama bahkan budaya merupakan kekayaan yang tidak ternilai harganya.

Diantara keragaman tersebut diantaranya dalam bidang kepercayaan yang diakui secara sah ada enam, disamping itu ada pula aliran kepercayaan yang tumbuh subur di bumi nusantara.

Menurutnya, kemajemukan dalam masyarakat Indonesia merupakan suatu realitas yang tidak dapat dielakkan. Adanya perbedaan merupakan sesuatu yang harus disyukuri sebagai kekayaan bangsa. Namun disamping itu juga dapat menimbulkan potensi konflik antar kelompok yang berbeda demi kepentingan agama.

“Ajaran-ajaran agama besar didunia memiliki maksud dan tujuan yaitu agar tercipta perdamaian dan kedamaian antara Tuhan, kedamaian antar manusia,” ujarnya.

Baca Juga: Islam Mengajarkan Cinta Damai

Pluralisme agama apabila dipahami dengan benar akan muncul suatu upaya agar tercipta suatu hubungan yang harmonis dan tercipta suatu kedamaian antar umat beragama.

Toleransi dalam agama Hindu tertera dalam atarawaveda XII.1.45 ‘Jnanam Bhibharati Bahudha Vivacasan, Dhraveva dhenuranapasphuranti’ yang artinya Berikanlah pengargaan terhadap bangsamu yang menggunakan berbagai bahasa daerah yang menganut berbagai kepercayaan agama yang berbeda hargailah mereka yang tinggal bersama dibumi ini bumi yang memberi keseimbangan. Bagaikan sapi yang memberi susunya kepada umat manusia demikianlah ibu pertiwi memberikan kebahagiaan yang berlimpah kepada umatnya.

Dalam sloka tersebut dijelaskan bahwa untuk menjaga dan mencintai keberagaman yang ada di Indonesia maka jaga hatimu agar terkendali fikiranmu, kendalikan fikiranmu karena akan membentuk karaktermu dan kendalikan karaktermu karena akan menjadi kebiasaanmu dan kebiasaanmu akan menentukan nasibmu.

Kesimpuannya adalah manusia memiliki keberagaman, perbedaan, kepercayaan kepada Tuhan sebagai suatu realitas yang harus disyukuri dan saling menjaga serta menghormati antar umat manusia supaya tercipta suatu kedamaian.

“Indonesia adalah negeri ajaib yang indah, negeri surga yang beraneka ragam budaya yang seharusnya kita jaga dan lestarikan untuk Indonesia yang lebih baik,’ pungkasnya.

Penulis: Rio Pratama

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed