by

Melalui PP GP Ansor Warga Lintas Agama Bantu Bencana NTT

Kabar Damai | Jumat 16 April 2021

Jakarta | kabardamai.id |  Forum Sahabat Ansor yang terdiri dari sejumlah warga lintas agama menggalang bantuan bagi korban bencana badai Siklon Seroja dan banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bantuan solidaritas kemanusiaan ini disalurkan melalui Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

“Puji Tuhan, atas kepedulian teman-teman lintas agama di Forum Sahabat Ansor, kami berhasil mengumpulkan 8,9 juta rupiah yang sudah kami transfer ke rekening PP GP Ansor untuk segera disalurkan kepada korban di NTT dan sekitarnya,” kata Konstantin Natal Setio yang mewakili Forum Sahabat Ansor ketika menyerahkan bukti tanda transfer tersebut kepada PP GP Ansor, Rabu (14/4), seperti dikutip nu.or.id.

Diwartakan situs resmi PBNU, saat menerima donasi tersebut, Faisal Saimima yang diwakili Kepala Sekretariat Markas (Kasetma) Satkornas Banser mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan dan menyalurkan berbagai macam bentuk bantuan untuk bencana tersebut.

“Kami sampaikan penghargaan dan terimakasih kepada bapak ibu yang tergabung dalam Forum Sahabat Ansor yang mempercayakan penyaluran bantuan untuk korban bencana di NTT kepada Ansor. Saat ini kami sudah membangun 3 titik posko di NTT. Bantuan ini akan segera kami belikan logistik, sembako dan lain-lain di Kupang untuk meringankan penderitaan korban bencana,” papar Faisal Saimima di Markas Komando Banser di Kantor PP GP Ansor.

Menurut Faisal, kondisi medan bencana di NTT masih menyulitkan untuk penyaluran bantuan sehingga Satkornas Banser memutuskan untuk melakukan segala pembelian logistik bantuan di Ibu Kota NTT, Kupang dan sesudahnya akan segera disalurkan ke sejumlah titik pengungsian oleh Banser di NTT.

 

Baca Juga : BNPT Libatkan Tokoh Lintas Agama Buat Program Cegah Paham Radikalisme

Saat mendampingi penyerahan secara simbolik bantuan tersebut, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor DKI Jakarta, Alfanny mengungkapkan, selama ini Forum Sahabat Ansor juga intensif menyalurkan bantuan untuk korban bencana baik di Jakarta ataupun di daerah bersinergi dengan GP Ansor.

“Sejak 2017, komunitas warga lintas agama yang tergabung dalam Forum Sahabat Ansor sudah sering menyalurkan bantuan untuk korban bencana baik di Jakarta ataupun di daerah bersinergi dengan Ansor setempat. Terakhir minggu lalu menjelang Ramadhan juga disalurkan bantuan nasi kotak dan sembako untuk warga dhuafa di Semanan Kalideres atas partisipasi Pak Soehadi dan teman-teman lainnya,” kata Ketua PC GP Ansor Jakarta Barat 2016 – 2020 ini.

 

OMK Oeleta Galang Dana

Terpisah, OMK Oeleta Kupang melakukan kegiatan penggalangan dana untuk kemanusiaan dalam korban badai seroja di NTT, aksi ini bentuk keprihatinan dan spontanitas untuk korban badai Siklon Seroja.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Kupang dan sekitarnya yang sudah memberikan bantuan. Dukungan warga benar-benar kami rasakan dan sangat antusias dengan keihklasan untuk berbagai para korban badai siklon seroja,” sebut Saturminus Djawa Ketua OMK Oeleta, kutip mediaindonesiatimur.com (12/4).

Aksi galang dana akan lakukan sampai satu minggu kedepan.  Dana yang didapatkan akan informasikan kembali kepada warga Kota Kupang sebelum dikirim ke berbagai daerah di beberapa Kabupaten yang sangat membutuhkan baik lewat Pemerintah setempat atau melalui posko – posko pengungsi ataupun lewat individu yang bertanggujawab dalam menangani para korban badai seroja.

Aksi ini dilakukan di lampu merah perempatan Polda NTT Jl. Jend. Soeharto dan sekitarnya.

 

 

Penulis: Ahmad Nurcholish

Sumber: nu.or.id | mediaindonesiatimur.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed