Manfaat Serta Keutamaan Puasa Ramadan

Kabar Utama1610 Views

Kabar Damai | Kamis, 14 April 2022

Sulawesi Selatan I Kabardamai.id I Ramadan adalah bulan baik, kehadirannya ditunggu oleh semua umat muslim dimanapun berada. Pada bulan ini, amalan dan ibadah seseorang akan dihitung dengan pahala dan dilipatgandakan oleh Allah sehingga setiap orang akan berlomba-lomba dalam kebaikan dan ibadah.

Semua orang mengharapkan syafaat ramadan. Apalagi ramadan memiliki berbagai manfaat dan juga keutamaan bagi siapa saja yang melaksanakan ibadah puasa.

Hj. Syamsidar Jamaluddin, Lc, M.Hi, Pengajar di Pondok Pesantren Nahdhatul Ulum Soreang Maros dan Simpul Rahima Sulawesi Selatan menjelaskan apa keutamaan dan manfaat puasa pada kanal swararahima.

Ia mengungkapkan bahwa manfaat puasa ramadan ialah bagi umat yang menjalankan puasa dapat merasakan bagaimana perasaan saudara-saudara lainnya yang belum diberikan rezeki yang berkecukupan sehingga merasakan bagaimana makan yang enak, cukup untuk makan diluar bulan suci.

Menurutnya, dengan berpuasa akan menjadi sarana seseorang akan sadar dan meningkatkan rasa empati bagi sesama.

Baca Juga: Manfaat Puasa Ramadhan bagi Kesehatan

“Hal ini sehingga rasa empati kita dapat mengeluarkan zakat, sedekah, serta infak sehingga orang lain juga dapat merasakan bagaimana makan yang sehat,” ungkapnya.

Ia menambagkan bahwa Tuhan mewajibkan seseorang pada bulan suci ramadan untuk mengeluarkan zakat kemudian diberikan kepada mereka yang berhak atau mustahik.

Pada puasa ramadan, Allah memberikan tuntutan kepada semua sebagaimana dalam surah Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”.

Ia menerangkan, orang-orang beriman disini artinya ialah laki-laki dan perempuan, semua umat Islam diwajibkan untuk berpuasa sebagaimana umat-umat sebelum umat Nabi Muhammad, mudah-mudahan kita semua mendapatkan derajat takwa.

Pada ayat ini kaum perempuan mendapatkan peringkat yang sama, mendapatkan peringkat yang sejajar dengan laki-laki apabila berpuasa dengan mengharapkan ridhonya.

Terakhir, ia berharap agar syafaat ramadan dapat dinikmati oleh semua muslim yang melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

“Mudah-mudahan kita semua mendapatkan predikat dari Allah sebagai orang-orang yang bertaqwa,” pungkasnya.

Penulis: Rio Pratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *